arrow_upward

Al-Aqsa Diserang, Guspardi Gaus Minta Dunia Internasional dan Donatur Bertindak Tegas

Minggu, 09 Mei 2021 : 19.54

Jakarta, Analisakini.id-Anggota Fraksi PAN DPR, Guspardi Gaus mempertanyakan sikap dan peran PBB dalam menyelesaikan konflik yang berkepanjangan antara Palestina dan Israel. 'Serangan' Israel terhadap muslim yang sedang beribadah di Masjid Al-Aqsa harus mandapat sanksi tegas.

Menurut Guspardi, mestinya PBB, OKI, Liga Arab, dan Komunitas HAM Internasional mengambil langkah responsif menyelamatkan Masjid Al Aqsa dan rakyat Palestina dari praktek imperialis dan kolonialisme Israel.

"Tindakan tegas dengan menjatuhkan sanksi kepada Israel terhadap serangkaian tindakan militer yang telah mereka lakukan semestinya ditetapkan sebagai kejahatan perang luar biasa dan pelanggaran HAM berat," kata Guspardi, Minggu (9/5).

Sebelumnya, Militer Israel menyerang Masjid Al-Aqsa dan membubarkan jamaah tarawih dengan menggunakan granat kejut dan bom gas pada Sabtu dini hari. Serangan ini menimbulkan ketegangan yang mengakibatkan 205 warga Palestina dan 17 polisi Israel terluka sebagaimana dilansir The Times of Israel.

Bentrokan juga terjadi setiap malam di Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur, kawasan tempat banyak keluarga Palestina menghadapi penggusuran dalam kasus hukum yang sudah berjalan lama.

Dorongan serupa juga muncul dari Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan kerjasama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim. Ia mengatakan, negara-negara Uni Eropa juga bisa turut ambil bagian melakukan tekanan internasional terhadap Israel melalui PBB. "Jika diperlukan, Israel diberi sanksi internasional,".

Menyikapi kondisi terkini di Palestina tersebut, lembaga penyalur bantuan untuk perempuan dan anak Palestina, Adara Relief International mengajak dermawan yang ingin menguatkan perjuangan pembelaan Al-Quds melalui bantuan nyata berupa donasi untuk menguatkan pembelaan. (***)


 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved