arrow_upward

Isu Resuffle Kabinet, Tito Karnavian Layak Dipertahankan Jokowi

Friday, 23 April 2021 : 14:24
Drs.H.Guspardi Gaus, M.Si.


Jakarta, Analisakini.id-
Isu resuffle kabinet terus menggelinding dan menjadi perbincangan dalam sepekan terakhir. Terbaru, nama Yusril Ihza Mahendra dan Muhammad Zainul Madji alias Tuan Guru Bajang (TGB) dikabarkan bakal masuk ke jajaran kabinet. 

Pengamat politik  memprediksi TGB akan cocok jika menjadi Menteri Dalam Negeri. Hanya saja, menurut anggota Komisi II DPR  Guspardi Gaus, yang membidangi tentang Pemerintahan, posisi Menteri Dalam Negeri saat ini yakni Tito Karnavian terbilang kuat dan bukan kandidat menteri yang akan direshuffle. 

Menurutnya, selama menjalankan tugas sebagai Mendagri, Pak Tito merupakan sosok yang disiplin dan sunguh-sungguh serta amanah dalam tugas yang diberikan kepadanya. Beliau enerjik, lincah dan responsif dalam menjalankan berbagai program maupun dalam membuat kebijakan.

"Kementerian yang dipimpinnya dituntut untuk serba cepat dalam merespon dinamika yang ada termasuk dalam pembinaan di lingkungan Pemerintah Daerah," ujar Guspardi Jumat (23/4/2021). 

Guspardi mencatat, bagaimana Pak Tito sebagai perwakilan pemerintah, begitu teguh dalam meyakinkan Komisi II DPR  agar pilkada serentak  tetap dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020 di tengah masa pandemi yang masih mengancam.

"Alhamdulillah berkat koordinasi, supervisi dan edukasi yang dilakukan Mendagri, pilkada serentak 2020 berjalan sukses dan tidak terjadi kluster baru covid-19 akibat perhelatan pilkada serentak tersebut. Hasil kerja kolaborasi  pemerintah bersama DPR,  penyelenggara Pemilu dan segenap stakeholder terkait, membuahkan hasil positif. Bahkan angka partisipasi pemilih mencapai 76,2%," terang Politisi PAN itu

Legislator dapil Sumbar 2 ini pun  menambahkan, Tito Karnavian merupakan sosok yang mempunyai wawasan luas dan menguasai sistem politik pemerintahan. Rekam jejak Tito  mempunyai kemampuan untuk  membangun koordinasi antara pusat dan daerah. 

Di samping itu sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, program kolaboratif beberapa kementerian dan lembaga, Kemendagri aktif melaksanakan dan mengawal berbagai program seperti sosialisasi 3M, PSBB, New Normal dan  PPKM. Saat ini program vaksin untuk masyarakat terus berjalan dan dikawal oleh Pak Mendagri. dengan  meminta masyarakat untuk tak ragu dalam menerima vaksin, apalagi untuk  kelompok prioritas penerima. Program Vaksinasi ini diharapkan mampu memunculkan kekebalan kelompok atau "herd immunity". 

Dari rilis hasil survey yang dilakukan  Indonesia Political Opinion (IPO), Kemendagri juga mencatatkan hasil positif. Menyangkut program kerja Kemendagri  berada di ranking kedua dengan 64.8%. Tingkat kepuasan  terhadap kinerja Mendagri menempati urutan no 4. Sementara popularitas sosok menteri, Tito berada di urutan ke dua di bawah Prabowo Subianto. 

"Oleh karena itu saya berharap pak Tito, terus menjaga dan  mempertahankan ritme kerja yang dinamis dan dispilin yang tinggi untuk mewujudkan visi dan misi Presiden di Kementerian Dalam Negeri," pungkas anggota Baleg  DPR RI tersebut.(***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved