arrow_upward

Fraksi PAN : Seluruh Awak Kapal Selam Nanggala 402, Sangat Layak Mendapatkan Penghargaan Negara

Selasa, 27 April 2021 : 00.15

 

Drs.H.Guspardi Gaus,M.Si.

Jakarta, Analisakini.id-Anggota DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus menyampaikan rasa belasungkawa  yang mendalam atas gugurnya 53 awak kapal KRI Nanggala

-402.  

"Doa terbaik kita panjatkan semoga seluruh korban  tercatat sebagai syuhada dan diberikan tempat terbaik oleh Allah Swt. Amiin," kata Guspardi.

Dirinya pun mengapresiasi pernyataan Jokowi, bahwa Pemerintah  akan memberi penghargaan dan bintang jasa jalasena untuk semua awak kapal yang meninggal dunia dalam menjalankan tugas negara. 

"Pengorbanan nyawa yang sudah diberikan oleh 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur dalam menjalankan tugas negara sangat layak medapatkan perhatian khusus dari Pemerintah", ujar Guspardi kepada awak media, Senin (26/4/2021). 

Pemberian penghargaan oleh pemerintah ini sangat tepat sebagai bentuk penghormatan atas dedikasi dan amal bakti serta pengabdian tulus patriot bangsa yang bekerja dalam senyap menjaga kedaulatan laut kita dan mereka tabah sampai akhir.

Politisi PAN itu juga mendukung kebijakan Pemerintah  memberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat kepada 53 prajurit dan kru kapal selam KRI Nanggala-402 . Selain itu, negara juga menjamin masa depan pendidikan anak-anak dan memperhatikan kesejahteraan keluarga mereka. 

Kemudian nilai-nilai perjuangan  dan dedikasi prajurit kebanggaan Indonesia yang bertugas di kapal selam KRI Nanggala 402 dapat menjadi teladan bagi seluruh prajurit dan generasi penerus bangsa.

"Di sisi lain, kita berharap pencarian jenazah para korban terus diupayakan, termasuk mengangkat kapal selam dari laut dalam. Dukungan bantuan dari negara-negara sahabat yang tergabung dalam Organisasi penyelamatan kapal selam (ISMERLO/Internasional Submarine Escape and Rescue Liaison) harus bisa dioptimalkan. Komitmen KSAL untuk mengangkat kapal ke permukaan harus kita dukung bersama, " pungkas Anggota Komisi II DPR RI tersebut.

Diberitakan Presiden Joko Widodo menyatakan negara akan memberikan penghargaan dan bintang jasa jalasena kepada para prajurit TNI yang gugur saat bertugas di kapal selam KRI Nanggala-402. 

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebelumnya telah mengusulkan kenaikan pangkat kepada 53 prajurit Satuan Hiu Kencana TNI Angkatan Laut, yang gugur dalam insiden tenggelamnya KRI Nanggala-402. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved