arrow_upward

Curah Hujan Tinggi, Masyarakat Pasaman Barat Diimbau Waspadai Banjir dan Longsor

Senin, 22 Maret 2021 : 13.44

 

Yudesri.

Pasaman Barat, Analisakini.id - Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Yudesri mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman terjadinya bencana banjir dan longsor di wilayah ini.

Kewaspadaan itu harus ditingkatkan. Apalagi, dalam beberapa hari terakhir hujan kerap turun hingga menyebabkan debit air di beberapa sungai semakin naik.

Seperti Sungai Batang Saman, Sungai Batang Sikerbau, Sungai Batang Bayang, Sungai Batang Batahan, Sungai Batang Kenaikan serta sungai-sungai lainnya yang ada di Pasaman Barat ini.

"Untuk itu, saya ingatkan masyarakat khususnya yang bermukim di bantaran sungai agar selalu waspada terhadap bencana banjir," katanya, kepada analisakini.id, Senin (22/3/2021).

Menurut Yudesri, selain intensitas hujan cukup tinggi, banjir kiriman juga patut diwaspadai. Hal ini berkaca dari setiap tahunnya,  banjir di wilayah setempat sering kali kiriman. 

Diminta juga kepada orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama menjaga anak, harta dan benda supaya tidak terbawa arus apabila terjadi musibah banjir.

"Saya minta kepada instansi atau badan yang mempunyai tugas dan fungsi menanggulangi bencana untuk meningkatkan kesiapsiagaannya menghadapi bahaya banjir," pintanya. 

Di sisi lain, ia juga mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap ancaman berbagai penyakit di musim penghujan. Seperti salah satunya demam berdarah.

"Perhatikan kesehatan dengan selalu menjaga kebersihan dan jangan membuang sampah ke sungai," imbau Yudesri. (bis)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved