arrow_upward

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Mendaftar Jadi Calon Ketua Umum APKASI

Kamis, 25 Maret 2021 : 18.20

 

Jakarta, AnalisaKini.id-Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska, mendaftar menjadi calon Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia (APKASI).

Direktur Eksekutif APKASI Sarman Simanjorang mengatakan sejauh ini baru Sutan Riska yang mendaftar untuk menjadi Ketum APKASI.

Ia menjelaskan direncanakan musyawarah nasional (Munas) APKASI bakal digelar pada Jumat 26 Maret 2021 besok. Salah satu agendanya pemilihan ketua umum APKASI periode 2021-2026.

"Hingga saat ini baru satu bupati yang mendaftar sebagai calon ketua umum, yaitu Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan," katan Sarman melalui keterangan tertulisnya, Kamis (25/3/2021) seperti dikutip dari kumparan.com.

Sutan Riska mulai menjabat sebagai Bupati Dharmasraya pada 2015. Ia menjadi bupati termuda di Indonesia saat itu dengan usia 26 tahun. Sutan Riska kembali terpilih sebagai Bupati Dharmasraya untuk periode kedua pada Pilkada 2020.

"Sutan Riska juga telah menyerahkan dokumen pendaftaran kepada Ketua Steering Committee Munas V Apkasi, yang juga Sekretaris Jenderal APKASI Najmul Akhyar beberapa waktu lalu," sebutnya.

Sarman mengatakan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon ketua umum, diantaranya pernah menjadi pengurus APKASI, sisa masa jabatan minimal 3 tahun, serta memiliki visi dan misi dalam mengembangkan organisasi yang dideklarasikan pada 30 Mei 2000 itu.

"Dari persyaratan tersebut, Sutan Riska sudah memenuhinya. Sutan Riska saat ini menjabat Wakil Ketua Umum APKASI," ujarnya.

DIa menyebutkan  munas APKASI yang digelar secara hybrid itu akan dibuka langsung Presiden Joko Widodo dari Istana Merdeka.

"Jadi nantinya untuk ketua umum yang terpilih dalam munas akan dikukuhkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian," tutup Sarman. (***)



Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved