arrow_upward

Saat Pandemi Corona, Realisasi Investasi di Sumbar Rp3,048 Triliun pada Triwulan III

Kamis, 17 Desember 2020 : 09.51
Maswar Dedi.

Padang, AnalisaKini.id-Realisasi investasi di Sumbar sampai triwulan III (Januari-September) tahun ini mencapai 67,37 persen. Dari target Rp4,525 triliun untuk PMA (Penanaman Modal Asing) dan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) tahun ini, pada triwulan III, terealisasi Rp3,048 triliun.

"Wabah Corona yang melanda dunia, termasuk juga Sumbar berdampak kepada investasi. Realisasi investasi kurang dari target. Tapi di tengah wabah tersebut, realisasi investasi di Sumbar, cukup lumayan," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar Maswar Dedi, Rabu (16/12/2020) di Padang.

Dedi mengaku hingga triwulan III, realisasi masih kurang dari target. Biasanya, realisasi investasi di Sumbar sudah melebihi target. Tapi faktor pandemi Corona menyebabkan semua kendor, termasuk sektor investasi bahkan di belahan dunia lain.

Menyikapi ini, Pemprov Sumbar bersama kabupaten/kota, selain lebih fokus mempertahankan investasi yang sudah ada dan sedang berjalan agar mereka tetap melanjutkan pembangunannya di Sumbar, juga mengintensifkan dan menggencarkan promosi lewat online dan jaringan yang sudah dibangun dengan beberapa negara lain.

"Alhamdulillah, mereka tetap melanjutkan investasinya. Apalagi Pemprov bersama kabupaten/kota terus memberikan pelayanan dan kemudahan bagi investor. Kemudian juga ada investor baru," kata Dedi.

Dedi tidak menampik, melobi dan meyakinkan investor untuk berinvestasi di Sumbar, para investor lebih suka didatangi, diajak sekaligus diyakinkan akan potensi yang dimiliki, ketimbang cara online.

Sebab, katanya, dengan model berhadapan langsung, para investor bisa mendalaminya dan keraguan yang ada pada mereka bisa terjawab langsung saat itu. Alhasil ketertarikan berinvestasi kian mengkristal.

"Tapi situasi pandemi Corona ini tidak bisa dihindari sehingga promosi online mau tak mau harus digencarkan dan alhamdullilah, ada investor yang tertarik berinvestasi di Sumbar," katanya.

Dedi merincikan, untuk realisasi PMA di triwulan III mencapai 78,23 persen, terealisasi 97,783 juta dollar AS, denga rincian pada triwulan I (Januari-Maret) 22,268 juta dollar AS, triwulan II (April-Juni) 45,304 juta dollar AS dan triwula n III (Juli-September) 30,214 juta dollar 

Sedangkan untuk PMDN terealisasi Rp1,640,52 miliar atau 57,56 persen, dengan rincian pada triwulan I Rp49,072 miliar, triwulan II Rp577,203 miliar dan triwulan III Rp1,014 triliun.

Meski begitu dan di tengah pandemi, Dedi optimis target realisasi investasi di Sumbar akan tercapai. Pihaknya bersama kabupaten/kota tetap terus melakukan promosi online dan tetap memastikan adanya keringanan dan kemudahan berinvestasi di Sumbar. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved