arrow_upward

Jokowi akan Berikan Gelar Pahlawan Nasional ke 6 Tokoh, Ini Daftarnya

Jumat, 06 November 2020 : 17.08
Presiden Joko Widodo


Jakarta, AnalisaKini.id- Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Gelar ini akan diberikan Jokowi pada Hari Pahlawan Nasional, 10 November mendatang.

"Calon penerima gelar pahlawan nasional akan disampaikan langsung oleh Bapak Presiden di Istana Negara pada tanggal 10 November, setelag acara upacara ziarah nasional," ujar Menteri Sosial Juliari Batubara dalam konferensi pers di Youtube Kemensos, Jumat (6/11/2020).

Dia memastikan keenam tokoh yang mendapatkan gelar pahlawan nasional sudah melalui proses yang telah ditetapkan. Baik dari Kementerian Sosial maupun Dewan Gelar.

Juliari mengatakan enam tokoh yang mendapat gelar pahlawan nasional berasal dari berbagai daerah. Salah satunya, Maluku Utara dan Papua Barat yang belum memiliki pahlawan nasional.

"Jadi Provinsi Maluku Utara dan Papua Barat memang belum pernah memiliki pahlawan nasional. Apabila tidak ada perubahan, Insya Allah akan diberikan gelar pahlawan nasional pada tahun ini," jelasnya seperti dikutip dari liputan6.com

Berikut enam calon penerima penganugerahan gelar pahlawan nasional 2020:

1. Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara

2. Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat

3. Jenderal Pol (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo merupakan Kapolri pertama. Domisili di DKI Jakarta

4. Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara. Dia merupakan tokoh pergerakan dan pernah jadi Menteri Penerangan RI era Presiden Soekarno

5. Mr. Sutan Mohammad Amin Nasution dari Sumatera Utara

6. Raden Mattaher Bin Pangeran Kusin Bin Adi dari Provinsi Jambi. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved