arrow_upward

Jatuh Hatinya Emak-emak kepada Mahyeldi

Tuesday, 10 November 2020 : 20:43
Cagub Sumbar, Mahyeldi membeli pisang dari emak-emak pedagang di pasar tradisional. (ist)

Lubuk Basung, AnalisaKini.id- Calon Gubernur Sumbar nomor urut 4, Mahyeldi dengan emak-emak seperti pinang dibelah dua. Sehati, saling memahami, saling memiliki. 

Pilihan emak-emak terhadap Mahyeldi dilatari bermacam alasan. Alasan yang paling kuat adalah selama ini Mahyeldi sangat perhatian terhadap kaum perempuan dengan bermacam program yang berpihak kepada emak-emak.

Salah satu program yang telah dilaksanakan Mahyeldi sebagai Walikota Padang adalah ketahanan keluarga yang bertitik tolak pada pemberdayaan perempuan di rumah tangga. 

Program tersebut dijelaskan Mahyeldi ketika berkunjung ke Panti Asuhan Aisiyah Sri Antokan, Lubung Basung, Agam beberapa waktu yang lalu. Pada kesempatan itu, Mahyeldi melihat program pemberdayaan ekonomi perempuan lewat usaha Rumah Makan Serba Lima Ribu yang dikelola ibu-ibu pengasuh panti.

Menjawab pertanyaan pengasuh panti, Bundo Asmanai tentang pelaksanaan adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah, Mahyeldi menyebutkan program yang sudah dilaksanakannya selama ini melibatkan kaum perempuan. 

Di Padang, kita melaksanakan program 18-21, ketahanan keluarga, insintif untuk guru TPA, hingga pengiriman dai ke daerah terpencil," ujar Mahyeldi.

Mahyeldi sendiri sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan Panti Aisiyah Sri Antokan. Dari program yang dilaksanakan, terbukti peran perempuan itu sangatlah besar di segala bidang.

Dalam kunjungan ke Kelompok Pembudidaya Ikan Sarai Sarumpun Dusun Padang Lansano Jorong Sago Nagari Mangopoh Kecamatan Lubuk Basung, Agam, Mahyeldi kembali mengapresiasi peran perempuan dalam pemberdayaan ekonomi di nagari. 

Kelompok Tani Sarai Sarumpun digerakan oleh perempuan dengan sosok Hj. Fatmawati sebagaibendahara kelompok tani ini.

Pemberdayaan ekonomi di sektor pertanian dan perikanan ternyata tak lepas dari perempuan. Melihat peran besar perempuan di kelompok tani, maka Mahyeldi sudah menyiapkan program pemberdayaan di bidang pertanian. 

Mahyeldi menyebut akan menyiapkan alokasi APBD Sumbar menimal 10 persen untuk pertanian.

Mahyeldi langsung menjawab keluhan Hj. Fatmawati yang kesulitan permodalan dan pemasaran. Menurut Mahyeldi, dirinya akan melaksanakan program pemodalan UMKM melalui perkreditan bank yang bunganya dibantu Pemprov Sumbar. 

"Kita akan membuat BUMD agro yang membantu masalah pertanian mulai daei peralatan, teknologi hingga pemasaran dengan harga bersaing," urai Mahyeldi.

Sosok Mahyeldi yang seorang buya dan peduli dengan pemberdayaan perempuan di segala bidang membuat emak-emak jatuh hati kepada calon gubernur yang berpasangan dengan tokoh milenial, Audy Joinaldy ini. Tak mengherankan, emak-emak menjatuhkan pilihan kepada Mahyeldi. Tak hanya memilih, emak-emak ini bahkan secara sukarela menjadi relawan pendukung Mahyeldi.

Icha, dari Muslimah United for Mahyeldi menyampaikan tekad memenangkan Mahyeldi di Pilgub Desember mendatang. "Kita mendukung Buya Mahyeldi karena beliau sosok ulama dan juga umaroh," ujar Icha dari Muslimah United for Mahyeldi Kota Payakumbuh. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved