arrow_upward

Bantu Nelayan Padang, Andre Rosiade Salurkan Kendaraan Roda Tiga

Wednesday, 25 November 2020 : 09:00
Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada 7 gabungan KUB Nelayan Kota Padang yang menerima kendaraan tiga roda dari aspirasi Andre Rosiade ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). (ist).

Padang, AnalisaKini.id-Meski tidak berada di Komisi IV yang membidani nelayan, Andre Rosiade tetap menunjukkan kepeduliannya terahadap para nelayan di Padang. Anggota Komisi VI itu menyalurkan bantuan untuk membantu 7 kelompok usaha bersama (KUB) nelayan berupa kendaraan roda tiga berinsulasi. Kini, ranmor itu sudah dapat digunakan untuk mengangkut hasil tangkapan nelayan.

Andre Rosiade menyebutkan, awalnya dia berkomunikasi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo terkait apa yang bisa dibantu untuk warga Sumbar tempat daerah pemilihannya. Kebetulan, Edhy adalah kader Partai Gerindra dan sama dengan Andre. Dari sanalah terbersit informasi terkait bantuan sarana pengembangan usaha nelayan (BSPUN).

“Bang Edhy adalah mentor saya di Partai Gerindra, bahkan sebelum jadi Menteri beliau adalah pimpinan Fraksi Gerindra DPR. Saat kami memasukkan sejumlah proposal dari nelayan Kota Padang, ternyata ada program BSPUN dan langsung kami sambar. Awalnya ada 10 KUB yang diusulkan, tapi tiga di antaranya tidak memenuhi syarat kualifikasi,” kata Andre yang menyalurkan secara simbolis kendaraan roda tiga itu, Minggu (22/11) di halaman RM Silungkang, Sawahan, Padang.

Andre mengatakan, dengan kendaraan roda tiga itu, para nelayan akan lebih mudah membawa hasil tangkapannya ke pasar-pasar atau tempat pelelangan ikan. “Kami lihat kendaraannya sangat kokoh dan cocok dengan medan Kota Padang. Kami dapat informasi, ini program perdana yang didapat di Padang. Semoga tahun-tahun ke depan kita bisa salurkan lagi. Terima kasih atas kerja sama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Padang,” kata ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Selain kendaraan roda tiga senilai masing-masing Rp40-an juta, sebut Andre, dia mendapatkan informasi dari KKP, kalau ada bantuan lain berupa mesin tempel untuk kelompok nelayan di Padang. “Kami baru dapat informasi, ada kelompok nelayan lainnya yang akan dapat bantuan mesin tempel, sekarang sedang verifikasi faktual. Alhamdulillah, sudah banyak usulan kami di KKP yang diakomodir,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Andre menyebutkan, dia akan terus berkomunikasi dengan Menteri KKP Edhy Prabowo untuk membawa banyak program lainnya ke Sumbar. “Kami juga menunggu aspirasi atau proposal-proposal dari para nelayan di Sumbar yang akan kami perjuankan di 2021 nanti. Karena itulah fungsi kami sebagai wakil rakyat di DPR, tidak hanya diam saja,” kata Andre Rosiade yang juga anggota dewan Pembina Partai Gerindra.

Susi Andriani, penyuluh KKP mengaku sangat berterima kasih atas bantuan Andre Rosiade dalam menyalurkan kendaraan roda tiga untuk nelayan Kota Padang yang tersebar di Kototangah, Padang Barat dan Bungus Teluk Kabung. Dia berharap, bantuan ini bukanlah yang terakhir, tapi awal yang baik agar nelayan di Kota Padang lebih sejahtera.

Untuk tujuh penerima kendaraan tiga rod aitu, katanya, terdiri dari Perkumpulan KUB Berkat Bahari, Cahaya Pesisir, Cemara Laut, Hidup Bersama, Jambak Indah, Riyak Baraja dan Mauro Puruih. “Masih banyak kelompok nelayah, koperasi nelayan dan KUB nelayan yang belum tersentuh bantuan. Kami mohon pak Andre selalu memberikan jalannya,” kata Susi. (***)



Bagikan

Saat ini 0 komentar :


Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved