arrow_upward

Stok Pangan Padang Aman dan Harga Stabil Hingga Akhir Tahun

Tuesday, 6 October 2020 : 22:00

 

Gus Wardi.

Padang, AnalisaKini.id- Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Padang, Gus Wardi menjamin ketersedian pangan Kota Padang hingga akhir tahun. Itu sebagai bentuk komitmen kepala daerah memberikan ketenangan kepada warganya.

"Dengan demikian, pesta demokrasi Pemilihan Gubernur Sumbar pun bisa berjalan semakin lancar. Padang memang tak penghasil produk pertanian namun Padang memiliki banyak daerah penyangga seperti Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Padang Pariaman, Tanah Datar dan daerah lainnya  "terangnya.

Kota Padang memang hanya mampu memenuhi kebutuhan sendiri sekitar 35 persen. Sedangkan sisanya, 65 persen dipenuhi dari daerah penyangga tersebut. 

Dikatakannya, daerah penyangga tersebut memiliki musim tanam yang berbeda waktunya sehingga musim panennya pun bervariasi dan berdampak pada terpenuhinya kebutuhan warga Kota Padang setiap saat.

Dalam musim tanam padi, misalnya bisa dua hingga tiga kali dalam setahun atau dengan angka indeks 2,7 setahun. Begitunya juga untuk sayur mayur yang didatangkan dari daerah Alahan Panjang Solok dan Padang Panjang. 

Selanjutnya, berkaitan dengan kebutuhan daging pun cukup stok tersedia. Dijelaskannya, daging tersebut ada 2 macam, daging beku dan daging segar. Daging beku itu daging impor yang berasal dari India yang harganya lebih murah sekitar Rp60 ribu/kg dan daging Australia dengan harga Rp80 ribu/kg.

Sedangkan daging segar berasal dari daging lokal yang dijual sekitar Rp120 ribu setahun. Dalam sehari di Kota Padang, dipotong sekitar 50 ekor sapi yang 30 ekor di antaranya dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH) milik Pemko Padang. 

"Walau kondisi Covid-19 dan pesta demokrasi, Pemko Padang tetap memberikan ketenangan kepada warga dengan ketersedian stok pangan yang cukup,"ujar Gus Wardi.

Gus Wardi mengatakan, selain ketersediaan pangan yang cukup juga harga pun relatif stabil atau lebih murah dari sebelumnya. Seperti gula pasir sebelumnya Rp18.500/Kg dan kini turun menjadi Rp12.500/Kg. Begitu juga dengan cabe merah sekitar Rp30 ribu/Kg dan jengkol yang saat ini Rp3 ribu/Kg. 

Artinya, dalam kondisi sulit seperti saat ini Pemko Padang tetap memberikan ketenangan dengan stok pangan yang cukup dan harga stabil. (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved