arrow_upward

Partai Baru Amien Rais Namanya Partai Ummat

Thursday, 1 October 2020 : 20:21

 

Amien Rais


Jakarta, AnalisaKini.id - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, mengumumkan nama partai baru yang bakal didirikannya. Nama partai baru Amien Rais adalah Partai Ummat.

Pengumuman nama partai baru Amien Rais ini disampaikan lewat YouTube resmi Amien Rais, Kamis (1/10/2020).

"Mukaddimah Partai Ummat," kata Amien Rais.

Amien menjelaskan arti nama partai barunya ini, Partai Ummat. Menurut Amien, ini terkait dengan asas partainya.

"Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," sebut Amien Rais seperti dikutip dari detik.com.

Isu Amien Rais membentuk partai baru terdengar setelah gelaran Kongres PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, kurun Februari 2020 lalu. Amien Rais saat itu mendukung pasangan Mulfachri Harahap-Hanafi Rais melawan petahana Zulkifli Hasan dalam pemilihan ketua umum PAN baru.

Pada akhirnya, Zulkifli Hasan, yang merupakan besan Amien Rais, menjadi pemenang di Kongres ke-5 PAN di Kendari. Beberapa waktu setelah kongres, Amien Rais mengaku sudah dikeluarkan dari PAN karena beda prinsip.

"Kemudian saya tidak di PAN sama sekali. Saya sudah dikeluarkan anak buah saya, karena berbeda prinsipnya," kata Amien dalam perbincangan dengan Tengku Zulkarnain yang tayang di YouTube, Kamis (23/7).

Wacana pembentukan partai baru Amien Rais pun makin berembus kencang. Isunya, saat itu, Amien bakal mendirikan PAN Reformasi. Ternyata Amien Rais memilih Partai Ummat sebagai nama partai barunya.

Menurut Amein Rais, partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan. Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan semua aturan demokrasi universal.

"Mengapa Partai Ummat dipilih menjadi nama partai karena masih berkaitan erat dengan azas partai Islam rahmatan lil alamin (Islam rahmat untuk seru sekalian alam)," ujar loyalis Amien Rais, Agung Mozin, Kamis (1/10/2020).

Partai Ummat, menurutnya, tidak mendiskriminasi siapa pun. Nama 'Ummat' dipilih juga karena menyesuaikan dengan slogan partai sempalan PAN itu.

"Tanpa diskriminasi kepada siapapun, juga terkait dengan slogan partai kita melawan kezaliman dan menegakkan keadilan, tentu perjuangan ini ada subjeknya, yaitu 'ummat'," jelas Mozin.

Dia mengatakan Partai Ummat tidak hanya menyasar umat Islam. Umat dari agama lain, menurut Agung Mozin, bisa bergabung asalkan memiliki kesamaan visi dan misi.

"'Ummat' itu bukan hanya untuk Islam, tapi semua ummat yang seide dengan perjuangan partai yaitu melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," jelasnya. (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved