arrow_upward

Cagub Sumbar Nasrul Abit Janji Alokasikan 12 Persen APBD untuk Sektor Pertanian

Sabtu, 24 Oktober 2020 : 22.47

 

Nasrul Abit meninjau area perkebunan warga di Jorong Pasa, Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sabtu (24/10/2020)/Dok Gerindra Sumbar.


Solok, AnalisaKini.id
- Calon Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit, meninjau area perkebunan warga di Jorong Pasa, Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sabtu (24/10/2020). 

Ia mengatakan  sektor pertanian merupakan salah satu fokus utama program kerjanya sebagai gubernur jika memang Pilkada Sumbar 2020.

Jika mendapatkan amanah menjadi gubernur dari masyarakat Sumatra Barat, Nasrul Abit akan mengalokasikan anggaran 12% untuk sektor pertanian. Baik itu untuk sektor tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan.

"Kita juga akan memastikan ketersediaan bibit unggul untuk petani. Salah satu caranya dengan memberikan insentif kepada penangkar-penangkar bibit bersertifikat," kata dia.

Di samping itu, kandidat yang diusung Partai Gerindra ini juga ingin menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi sampai ke tangan petani dengan harga Harga Eceran Tertinggi (HET). Selain itu, pihaknya akan mendata lahan tidur yang bisa dimanfaatkan untuk perkebunan.

"Pak Prabowo Subianto saat ini sedang mencari puluhan ribu hektare lahan tidur untuk ditanami jagung sebagai upaya menjaga ketahanan pangan RI. Hipmi juga mencari lahan tidur untuk dimanfaatkan," ujarnya.

Program unggulan lainnya dari cagub yang berpasangan dengan Indra Catri ini adalah memfasilitasi tumbuh kembangnya petani milenial. Kemudian, mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pertanian, serta memberikan perlindungan pasca produksi pertanian melalui program asuransi pertanian.(***)







 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved