arrow_upward

Asli Chaidir Kembali Salurkan Bantuan untuk Pendidikan Keagamaan Rp7 Miliar

Selasa, 06 Oktober 2020 : 19.40

 



Anggota Komisi VIII DPR, Asli Chaidir memberikan sambutan saat bagikan sembako pada warga terdampak Covid-19. Dan siap-siap pula menggelontorkan bantuan untuk pendidikan keagamaan tahap II yang juga terdampak Covid-19, setelah sukses tahap I. (ist)

Padang, AnalisaKini.id- Setelah menyalurkan bantuan untuk pendidikan madrasah dan pondok pesantren (ponpes) sebesar Rp2,6 miliar pada tahap I pertengahan September lalu, Oktober ini kembali Anggota Komisi VIII DPR asal Sumbar, H. Mhd Asli Chaidir, salurkan bantuan serupa untuk tahap II.

Tak tanggung-tanggung, bantuan tahap II ini digelontorkan jauh lebih banyak dari tahap I yaitu Rp7 miliar lebih. Bantuan sebesar ini disalurkan untuk ponpes, Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) dan Madrasah Diniyyah Taqmiliyah (MDT).

Dari total bantuan tahap II itu, Kota Padang mendapatkan lebih banyak mencapai Rp4,235 miliar yang disebar untuk 213 TPQ, 185 MDT dan 8 ponpes. Lebih banyak, karena jumlah pendidikan keagamaan lebih banyak pula dari kabupaten/kota lain.

Asli menggelontorkan bantuan untuk pendidikan keagamaan tersebut, didasari karena masyarakat punya akhlak dan mental yang baik tidak terlepas dari pendidikan agama. Makanya baik ponpes, TPQ, MDT dan lainnya harus mendapat perhatian dari Kementerian Agama, gubernur dan bupati/walikota.

Mantan Ketua DPW PAN Sumbar dua periode ini memberikan bantuan aspirasinya itu dengan harapan agar lebih memajukan pendidikan di pesantren. Apalagi, saat pandemi Covid-19 ini. Berimbas kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk lembaga pendidikan non formal seperti ponpes, TPQ dan MDT. 

Oleh karena itu dia berharap dengan bantuan itu, ponpes, TPQ dan MDT maju. Diakui, awalnya BOP ini tidak teranggarkan. Setelah ada Covid-19 maka ada realokasi anggaran. BOP itu bisa digunakan untuk operasional madrasah ataupun ponpes. Misal membayar listrik, air, serta bisyaroh (honor) para guru atau ustdaz.

"Dalam waktu dekat akan diserahkan secara simbolis kepada pengurus dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sama seperti saat penyerahan tahap I secara simbolis, pertengahan September lalu," kata Asli.Sebelumnya pada tahap I itu, penyerahan bantuan sebesar Rp2,6 miliar lebih dilakukan secara simbolis dilakukan oleh Wawako Padang Hendri Septa dan disaksikan secara virtual oleh Asli yang saat itu berada di Jakarta.

"Kehadiran MDT, Ponpes dan TPQ ini diharapkan dapat mendidik anak untuk mengisi ilmu agama kedalam jiwa anak-anak. Di samping itu, pengurus MDTA, Ponpes dan TPQ juga harus meningkatkan SDM tenaga pengajarnya dan menyesuaikan sistem sekarang. Kapan perlu dalam situasi pandemi anak-anak tetap belajar dengan sistem daring, " terang Hendri Septa ketika itu.

Hendri Septa mengucapkan terima kasih kepada Asli Chaidir yang telah memperhatikan Kota Padang. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya.

Sementara itu, perwakilan dari Kementerian Agama Padang dan seluruh pimpinan lembaga keagamaan Ponpes, MDT dan TPQ, termasuk dari perwakilan dari Kota Padang Panjang, Tanah Datar dan Kabupaten Solok menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Asli Chaidir atas bantuan yang diberikan untuk lembaga pendidikan keagamaan Padang melalui dana aspirasi. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved