arrow_upward

TMMD ke-109 di Bayang Utara Buka Akses Daerah Terisolir

Rabu, 23 September 2020 : 10.25

 

Bupati Pessel Hendrajoni, Kadis PMD Sumbar Syafrizal, Kasrem 032/Wbr, Kolonel Inf Amrizen dan Forkopinda Pessel lainnya. (ist)

Painan, AnalisaKini.id -Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 yang dipusatkan di Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dibuka oleh Gubernur Sumbar yang diwakili Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni di gedung Painan Convention Center (PCC), Selasa (22/9/2020).

Upacara pembukaan TMMD ke-109 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Hadir dalam acara ini Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Inf Amrizen, Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah, Kasiter Korem 032/WBR Kol Kav Husnizon, Dandim 0311 Pessel Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti, Forkopimda Pessel dan Sekdakab Pessel Erizon.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni saat pembukaan TMMD ke-109 mengatakan salah satu tujuan kegiatan TMMD digelar adalah untuk mendukung percepatan pembangunan di Pessel, khususnya di Kecamatan Bayang Utara.

Sebab di nagari itu masih terdapat beberapa kampung terpencil yang sulit diakses karena masih terbatasnya sarana jalan. 

"Melalui TMMD ini, TNI menargetkan membuka akses jalan sepanjang 7,9 kilometer dari Pancung Taba menuju Kampung Dilan, disamping juga melakukan rehab rumah tidak layak huni (RTLH)," jelas dia.

Hendrajoni berharap kegiatan itu menjadi momentum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah, terutama di nagari-nagari yang dijadikan sebagai sasaran program. TMMD dengan melibatkan juga lintas sektoral itu benar-benar memberikan dampak yang besar terhadap peningkatan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

TMMD dengan tema Pengabdian Untuk Negeri itu itu juga dikatakan Bupati, benar-benar membiarkan nilai tambah terhadap pembangunan di beberapa nagari. Sebab melalui anggaran yang terbatas, nilai tambah yang dirasakan masyarakat sangat besar. 

"Makanya kerjasama bakti TNI ini selalu kita gelar setiap tahunnya," ucap Hendrajoni.

Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Inf Amrizen kepada wartawan menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama satu bulan ke depan itu, melibatkan 150 personel. Dia ingin bakti TNI tersebut benar-benar mampu menjawab keluhan masyarakat dalam meningkatkan ekonomi sesuai dengan tema yang dimiliki tahun ini, yakni Pengabdian Untuk Negeri.

Kegiatan TMMD sudah dimulai melalui Pra TMMD, sejak 4 sampai 21 September 2020 lalu. "Ada tiga nagari yang dijadikan sasaran program melalui bakti TNI ini, di antaranya, Nagari Pancung Taba, Muaro Aia, dan Ngalau Gadang," ujarnya.

Sasaran yang akan dilakukan di tiga nagari itu ialah pembukaan akses jalan sepanjang 7,9 kilometer dari Nagari Pancung Taba menuju Dilan dan dari Dilan ke Limau Gadang. Selain itu, juga ada kegiatan rehab rumah tidak layak huni 10 unit dan pembuatan gorong-gorong sebanyak 3 unit pula.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik adalah sosialisasi wawasan kebangsaan, kerukunan umat beragama, bahaya narkoba, serta juga sosialisasi tentang protokol Kesehatan Covid-19.

Salam pembukaan TMMD ke-109 di PCC Painan ini, Kadis PMD Sumbar Drs. Syafrizal Ucok, MM secara simbolis menyerahkan bantuan Pemprov Sumbar kepada Bupati Hendrajoni untuk dimanfaatkan dalam kegiatan TMMD.

Bantuan yang diberikan Pemprov Sumbar itu antara lain genset, bibit tanaman buah-buahan, peralatan olahraga, 5.000 masker scuba, semen dan tikar sholat. "Semua bantuan yang kita serahkan berasal dari Dinas PMD Sumbar dan OPD lainnya untuk mendukung TMMD," kata Syafrizal Ucok, yang didampingi Kabid Kerjasama dan Pengembangan Kawasan Vera Irawati, ST.MM dan Kabid Kelembagaan dan Adat Dra. Hendrawati Roza, M.Si. (Rel/***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved