arrow_upward

Nevi Zuairina Salurkan Bantuan Alsintan di Pasaman

Rabu, 09 September 2020 : 20.45
Anggota DPR dari Fraksi PKS Hj. Nevi Zuairina bersama anggota kelompok tani dan bantuan alsintan yang disalurkan. (ist)
Pasaman, AnalisaKini.id —   Anggota DPR asal Sumatera Barat, Hj. Nevi Zuairina  di sela-sela sidang yang dilakukan secara daring berkesempatan mengunjungi beberapa kelompok tani di Pasaman.

Sidang DPR yang ia lakukan secara jarak jauh membawa hikmah ia mampu sekaligus bertemu dengan masyarakat di daerah tidak tergantung pada jarak dan waktu.

"Alhamdulillah saya bertemu langsung menyerahkan beberapa alat mesin pertanian (alsintan) kepada
kelompok tani di Pasaman ini tanpa harus meninggalkan sidang komisi di DPR. Jadi bertemu masyarakat saat ini tidak tergantung masa reses. Semakin banyak masyarakat yang kita temui, semakin banyak aspirasi dari bawah kita dapatkan untuk disampaikan kepada pemerintah pusat agar mendapat solusi segala persoalan yang terjadi di masyarakat", terang Nevi.

Anggota DPR Komisi VI ini melihat, para petani di Pasaman masih banyak yang tergolong pada skala mikro dan kecil sehingga dengan adanya alat mesin pertanian yang dapat mereka gunakan secara bersama dan bergantian dalam satu kelompok.

Dia berharap ada peningkatan kapasitas produksi yang secara tidak langsung akan meningkatkan tingkat perekonomian rumah tangga para petani.

Bukan hanya persoalan ekonomi para petani, Nevi juga mengatakan upaya peningkatan tata kelola pertanian yang di mulai dari hulu berupa penyiapan tanah hingga masa tanam, akan berujung pada peningkatan hasil produk pertanian.

Ini sejalan dengan program pemerintah untuk mencapai swasembada beberapa produk pertanian yang hingga kini banyak yang belum tercapai sehingga marak produk pertanian impor.

Hj. Nevi Zuarina diskusi dengan anggota kelompok petani. (ist)
"Seruan kami untuk kurangi dan terus kurangi impor tidak cukup hanya tataran wacana saja.  Mesti dimulai dari upaya apa sumber kenapa kita impor. Salah satunya stok dalam negeri kurang. Untuk itu harus dicukupkan stok dalam negeri dengan meningkatkan hasil produk pertanian kita. Tapi jika tidak ada upaya peningkatan teknologi atau dukungan kebijakan pada petani, kita selamanya akan tetap seperti ini", jelas Nevi.

Politisi PKS ini menekankan, saat ini sektor pertanian masih sangat tahan terhadap guncangan pandemi Covid-19. Untuk itu, ini mestinya dijadikan perhatian pemerintah secara serius untuk
memperkuat sektor ini sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional.

Ia mengisyaratkan, ketika masyarakat masih mudah menemukan makanan, selama itu stabilitas sosial dan stabilitas politik tetap terjaga. Dia berharap program-program yang menyentuh langsung masyarakat dapat diteruskan.

"Sinkronisasi pemerintah daerah dan pemerintah pusat akan semakin efektif dan efisien dalam ketepatan sasaran dan ketepatan waktu untuk mempercepat pemulihan wabah saat ini. Program alsintan untuk kelompok tani ini hanya sebagaian kecil yang bisa dilakukan. Masih banyak yang perlu dilakukan untuk memulihkan ekonomi rakyat kecil di tengah pandemi covid-19", tutup Nevi. (***)
Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved