arrow_upward

Anggota DPRD Sumbar Nurfirmanwansyah, Kampung Buah Menjanjikan Jadi Kawasan Agrowisata

Tuesday, 22 September 2020 : 22:00
Anggota DPRD Sumbar, Nurfirmanwansyah serahkan bantuan bibit kepada petani dalam rangka mendukung program kampung buah di nagari Pakan Rabaa Utara, Solok Selatan. (ist)

Solsel, AnalisaKini.id -Sejumlah nagari di Sumatera Barat termsuk Kabupaten Solok Selatan dikembangkan kampung buah. Pengembangan kawasan ini menjanjikan dijadikan sebagai kawasan agriwisata buah-buahan.

"Banyak nagari berpotensi untuk itu. Tinggal lagi, mengelolanya dengan baik sekaligus menyalurkan bantuan bibit buah ke nagari ini. Terobosan ini tidak saja mendatangkan wisatawan ke sana sehingga berdampak kepada income nagari, ekonomi masyarakat juga tumbuh," kata Anggota DPRD Sumbar H. Nurfirmanwansyah, Selasa (22/9/2020) di Padang.

Di Solok Selatan, misalnya, di antara nagari yang berprospek cerah menjadi kawasan agrowisata buah-buahan adalah Nagari Pakan Rabaa Utara. Selain asri dan kental suasana alamnya yang sejuk, juga diyakini akan tumbuh menggeliat ekonomi masyarakatnya, dengan hadirnya kampung buah.

"Tanpa ada kampung buah, nagari ini sudah indah dan sejuk. Apalagi kalau sudah dijadikan kampung buah, saya optimis nagari Pakan Rabaa Utara akan berkembang menjadi kawasan agrowisata buah-buahan," kata Nurfirmanwansyah.

Karena itu pula, Anggota Komisi II DPRD Sumbar ini menyalurkan sejumlah bibit buah-buahan ke beberapa kelompok tani agar dipelihara dan terus berkembang. 

"Kelak nanti, wisatawan datang ke sini untuk menikmati alam dan suasanya yang indah dan sejuk, juga bisa petik sendiri buahnya di kawasan kampung buah ini," kata mantan Bupati Solok Selatan periode 2005-2010 ini.

Dia menyebut program pertanian ini juga salah satu langkah dan terobosan dalam menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi angka pengangguran.

Namun petani harus didukung dengan ilmu pengetahuan di bidang pertanian yang mumpuni untuk mengelola atau menggarap sehingga hasilnya maksimal. 

"Pertanian jika tidak diiringi dengan ilmu, akan gagal. Program kampung tanaman buah ini untuk membantu masyarakat, kemudian Nagari Pakan Rabaa Utara harus menjadi percontohan bagi nagari lain," kata Ketua Fraksi PKS DPRD Sumbar ini. (***)



Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved