arrow_upward

Walikota Padang Mahyeldi Resmikan Dua Gedung Baru Kantor Lurah

Wednesday, 26 August 2020 : 20:50
Walikota Mahyeldi menggunting pita pertanda peresmian dua gedung baru kantor lurah. (humas)
Padang, AnalisaKini.id - Walikota Mahyeldi meresmikan dua kantor lurah yakni Kantor Lurah Gantiang Parak Gadang Kecamatan Padang Timur dan Kantor Lurah kampuang Baru Nagari Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung, Rabu (23/8/2020).

Peresmian Kantor Lurah ini ditandai dengan penandataganan prasasti dan penguntingan pita oleh Walikota Mahyeldi disaksikan Camat Padang Timur Ances Kurniawan, Camat Lubuk Begalung Wilman Muchtar serta tokoh masyarakat Padang Timur, Muhidi dan Muspika kecamatan di Kantor Lurah Gantiang Parak Gadang.

Mahyeldi mengatakan, kelurahan merupakan instansi pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam bentuk pelayanan. Untuk memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat sudah selayaknya Pemko memiliki kantor lurah yang representatif dan kondusif.

Namun demikian, masih ada beberapa kelurahan di Padang belum memiliki kantor yang memadai untuk pelaksanaan pelayanan mengayomi masyarakat dengan baik, makanya Pemko melaksanakan pembangunan gedung untuk tempat lurah berkantor,"paparnya.

Menurut Mahyeldi, pembangunan gedung Kantor lurah menjadi prioritas. Tanpa kantor yang representatif dan memadai tidak mungkin Pemerintah Kelurahan dapat memberikan pelayanan secara prima, efektif dan efisien kepada masyarakat di tingkat kelurahan  secara maksimal. Pemko Padang terus berbenah membangun gedung kantor lurah dan infrastruktur yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat.

Mahyeldi menekankan, agar pelayanan maksimal disetiap kantor lurah di Padang harus ada toilet dan air bersih sehingga masyarakat yang berurusan sangat nyaman. Keberadaan toilet disertai air bersih di setiap perkantoran sangat perlu, ini adalah salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan kepada masyarakat bukan hanya masalah administrasi saja, namun keberadaan toilet sangat penting.

Walikota Mahyeldi juga menekankan, untuk ke depannya tidak hanya kantor pemerintahan saja ada toilet, namun di setiap sekolah pun di Padang harus ada toilet dan air bersih, sehingga pelayanan serta proses belajar tidak terganggu.

Di samping itu masyarakat pun betah berurusan apabila dilengkapi toilet dan air bersih apalagi air siap minum yang sudah dialirkan oleh PDAM secara bertahap dengan kualitas air yang sangat baik untuk warga kota,"ujarnya.

Seluruh kantor Camat di tahu 2021 sudah siap dibangun. Dengan selesainya pembangunan Kantor Camat akan memberikan pelayanan yang lebih sempurna.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Tri Hadyanto menjelaskan, pada 2020 telah dilaksanakan pembangun gedung kantor lurah 5 unit.
Kantor Lurah Ganting Parak Gadang, Kantor lurah Kampung Baru, kantor Lurah Alai Parakkopi, kantor Lurah Lambung Bukit dan kantor Lurah Parak Gadang Timur.

"Masih ada 3 kantor lurah lagi dalam pengerjaan. Dalam tahun ini ketiga kantor tersebut selesai pembangunannya," katanya.

Camat Padang Timur Ances Kurniawan melaporkan. Pemko berkomitmen membenahi dan meningkatkan pembangunan kantor pemerintah di kecamatan Padang Timur.

Dari 10 kantor Lurah yang ada di Kecamatan Padang Timur baru 9 kantor lurah sudah dibangun, hanya tinggal 1 kantor lurah lagi yang belum dibangun yakni kantor lurah Simpang Haru.

Pada 2021 dibangun kantor Camat Padang Timur berlokasi di jalan Tan Malaka, pembangunan kantor Camat Padang Timur dilakukan satu tahap. Tentu sebuah anugerah apalagi keterbatasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Padang.  Sedangkan kantor camat Padang Timur yang lama dijadikan kantor lurah Simpang Haru. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved