arrow_upward

Cegah Covid-19, Pramuka Gencar Sosialisasikan Disiplin Kesehatan

Monday, 24 August 2020 : 17:47
Wagub Sumbar Nasrul Abit memberikan sambutan. (humas)
Agam, AnalisaKini.id - Ketua Kwartir D aerah (Kwarda) 03 Sumatera Barat Nasrul Abit menjadi pembina upacara dalam rangka memperingati hari Pramuka ke 59 Tahun 2020, Kwatir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Barat di Balcon Hotel Senen (24/8/2020).

Nasrul Abit mengatakan tahun ini pergerakan hari pramuka adalah sangat berperan dalam membantu penanggulangan bencana Covid-19 seperti sosialisasi disiplin protokol kesehatan antisipasi penyebaran virus Corona.

"Dan pada hari Pramuka ke-59 sejak pertama sekali diperingati pada 14 Agustus 1961, pramuka itu bersikap satria, penolong dan cepat tanggap", kata Nasrul Abit.

Nasrul Abit juaga menjelaskan Gerakan Pramuka sudah lahir sejak 59 Tahun yang lalu bahkan gerakan kepramukaan di dunia, dimulai sudah lebih dari 110 tahun yang lalu, yang merupakan suatu organisasi pendidikan.

Oleh sebab itu nama lengkap organisasi ini adalah Praja Muda Karana (Pramuka) dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia.

"Dan juga merupakan suatu organisasi non formal untuk melengkapi pendidikan formal, di lingkungan keluarga dan masyarakat serta pendidikan formal di institusi-institusi pendidikan formal" terangnya

Gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak remaja, yang aktif melakukan berbagai kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat.

Kegiatan bakti sosial dilakukan Pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter untuk menumbuhkan kaum muda yang memiliki kepribadian beriman bertaqwa, beraklak mulia, berjiwa patriotik, dan taat hukum.

Kemudian juga disiplin dan peduli menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa yang memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Sikap siap menolong dan membantu melakukan sejak usia muda diharapkan dapat menumbuhkan sifat empati berpengertian, bertoleransi dan hidup damai bersama seluruh komponen bangsa tanpa memandang perbedaan yang ada, baik suku, agama, ras maupun aspirasi politik.

"Itulah sebabnya sejak terjadinya wabah covid-19 yang telah melanda negara kita gerakan Pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dari upaya penanggulangannya," kata Wagub. (***).

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved