arrow_upward

Hasil Tes Swab Negatif, Enam Makam di TPU Bungus Dibongkar

Senin, 13 Juli 2020 : 19.54
Mairizon.
Padang, AnalisaKini.id- Enam makam di TPU Bungus Teluk Kabung, Padang kembali dibongkar, setelah hasil tes swab dinyatakan negatif Covid-19.

Sebelumnya, keenam jenazah dimakamkan secara protokol Covid-19, dimana keenamnya merupakan pasien dalam pengawasan.

"Ya, ada enam makan yang telah dibongkar kembali, sesuai permintaan ahli waris," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Mairizon, kepada wartawan, Senin (13/7).

Mairizon mengatakan, pembongkaran keenam makam tersebut, atas permintaan keluarga. Dimana ahli waris telah menerima hasil tes swab yang menyatakan keenam jenazah negatif Covid-19.

"Pihak keluarga membawa surat pernyataan hasil negatif yang dikeluarkan labor, dan meminta makam kembali dibongkar, agar jenazah dikuburkan oleh keluarga," ujar Mairizon.

Dikatakan, pembongkaran makam itu dilakukan pihak keluarga yang juga dibantu oleh petugas dari DLH Padang. Setelah itu, jenazah dibawa oleh keluarga untuk disemayamkan di tempat yang disediakan keluarga.

Selama pandemi Covid-19, sebanyak 58 jenazah positif Covid-19 dan PDP dikuburkan di tempat pemakam umum (TPU) yang berada di Bungus Teluk Kabung.

"Selama ini kan, kalau ada PDP yang meninggal dunia langsung dikuburkan di sana saja, sebelum hasil swab keluar. Setelah hasilnya keluar dan dinyatakan negatif, keluarga meminta pemakamannya dipindahkan. Atas dasar itu kami membantu membongkar kembali makam-makam itu," katanya.

Dia mengatakan, jika ada keluarga yang ingin melakukan pemakaman ulang, cukup membawa surat keterangan hasil swab yang menyatakan negatif dari laboratorium dan menyerahkannya kepada DLH.
"Kalau sudah ada hasilnya, kami baru memperbolehkan memindahkan pemakamannya. Kalau itu tidak ada, kami tidak akan berikan," tutupnya. (***)
Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved