arrow_upward

Jutaan Orang Kena PHK, Ini Kata Menko Perekonomian

Tuesday, 30 June 2020 : 22:01
Airlangga Hartarto.
Jakarta, AnalisaKini.id- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto mencatat setidaknya ada 1,2 juta orang yang kehilangan pekerjaannya karena PHK akibat Covid-19.

"Sementara itu, ada 1,2 juta yang belum terverifikasi. artinya ada 3 juta yang tidak bisa melanjutkan pekerjaannya," ujarnya saat webinar "PRrogram Digitalisasi & Perluasan Peluang Ekonomi Jutaan UMKM Indonesia" di Jakarta, Selasa, 30/6/2020.



Menurutnya, seperti dikutip dari cnbcindonesia.com, dibutuhkan keberanian untuk melakukan transformasi, misalnya dengan menjadi pekerja digital. Melalui gig workers atau pekerja lepas misalnya, yang saat ini banyak bermunculan.

"Pemerintah mendorong di tengah pandemi, transformasi digital diperlukan. Tidak saja meningkatkan efisiensi, tapi mendorong inklusivitas," tegasnya.

Berbagai negara, lanjutnya telah mendorong digitalisasi ekonomi ini. Pandemi yang saat ini terjadi menurutnya memungkinkan transformasi digital, migrasi ke ranah online.

"Potensinya US$ 130 miliar untuk pelatihan, ini di Indonesia. Sedangkan pasar ASEAN, US$ 153 miliar," kata Airlangga.

Sebagai informasi, Grab meluncurkan program terus usaha yang mendorong UMKM untuk bisa menapaki digitalisasi ekonomi.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan UMKM perlu proses digitalisasi agar dapat bertahan di era ini. Di Asia Tenggara baru 34% yang sudah online dan di Indonesia baru 13% yang sudah terintegrasi secara digital.

"Grab memiliki teknologi dan jangkauan UMKM dalam kondisi new normal. Karena itu hr ini meluncurkan program terus usaha untuk membantu digitalisasi UMKM indonesia," pungkasnya. (***)



Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved