arrow_upward

BUMN Rasa Militer, Berikur 5 Jenderal 'Penjaga' Erick Thohir

Saturday, 13 June 2020 : 10:10

Erich Thohir.
Jakarta, AnalisaKini.id-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir  menempatkan beberapa nama yang berlatar belakang militer maupun polisi dalam tubuh perusahaan-perusahaan pelat merah.

Banyak yang berpendapat para jenderal ini dihadirkan untuk membantu Erick dalam menjaga program kerjanya di BUMN.

Berikut nama-namanya seperti dikutip dari reqnews.com

1. Carlo Brix Tewu

Pada Februari 2020, sosok yang ditunjuk Erick untuk membantunya di kementerian adalah Carlo Brix Tewu. Dia adalah petinggi polisi aktif yang ditarik memperkuat Kementerian BUMN. Inspektor Jenderal (Irjen) Carlo sebelumnya bertugas di Deputi V Bidkor Kamtibmas Kemenkopolhukam.

Carlo didapuk untuk menjadi Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan, yang tugasnya untuk memetakan permasalahan yang ada di BUMN secara hukum baik dengan eksternal BUMN maupun antar-BUMN.

Baru-baru ini dia juga ditunjuk menjadi komisaris di PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan, 10 Juni lalu.

2. Achmad Djamaluddin

Sementara itu, di PT Pelindo I (Persero), Erick menempatkan Achmad Djamaluddin sebagai komisaris.

Achmad merupakan merupakan Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) dan masih aktif di jabatannya ini.

3. Arman Depari

Sosok lain yang ditarik masuk menjadi komisaris PT Pelindo I adalah Irjen Polisi Arman Depari. Arman saat ini lebih akrab dikenal sebagai Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN).

4. Andi Pahril Pawi

Tak hanya itu, di PT Bukit Asam, Erick juga menempatkan Marsekal Madya (Marsda) Andi Pahril Pawi sebagai salah satu komisarisnya,. Ia saat ini tercatat sebagai jenderal bintang dua di TNI AU.

Sebelumnya menjabat Pejabat Tinggi Mabes TNI AU dan sebelumnya juga diamanahi jabatan Staf Ahli Bidang Hankam BIN (Badan Intelijen Negara).

Andi juga pernah bertugas sebagai Kepala Biro Pengamanan, Biro Pengamanan, Sekretariat Militer Presiden, dikutip dari data resmi Kementerian Pertahanan.

5. Bambang Sunarwibowo

Bambang Sunarwibowo diplot Erick menjadi komisaris PT Aneka Tambang Tbk. Pangkatnya saat ini adalah Komisaris Jenderal (Komjen). Saat ini ia juga menjabat sebagai Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara Bidang Ekonomi Intelijen (BIN).

Sosok yang berpengalaman di bidang intelijen dan perencanaan ini juga pernah menjadi Sahlisosek Kapolri dan bertugas sebagai Deputi IV BIN. (***)
Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved