arrow_upward

Vietnam Kembali Gelar Sepakbola Dengan Penonton, Indonesia Kapan?

Monday, 25 May 2020 : 10:11
 (Nam Dinh FC mengalahkan Hoang Anh Gia Lai dengan skor 2-0 dalam ajang kualifikasi Piala Nasional Vietnam. (sumber goal.com)
Padang, AnalisaKini.id -Vietnam kembali menggelar kompetisi sepakbola secara normal di tengah pandemi virus corona, setelah aktivitas mereka terhenti sejak Maret lalu.

Momen itu terjadi pada Sabtu (23/5) kemarin, saat Nam Dinh FC mengalahkan Hoang Anh Gia Lai dengan skor 2-0 dalam ajang kualifikasi Piala Nasional Vietnam yang berlangsung di Thien Truong Stadium.

Yang menarik, pertandingan tersebut digelar secara normal dengan penonton, tidak seperti liga-liga lain di dunia yang memilih untuk tetap menerapkan protokol ketat COVID-19 dengan melarang kehadiran suporter di stadion.

Awal bulan ini, Korea Selatan terlebih dahulu menggelar liga mereka, K League, yang kemudian disusul oleh Jerman dengan Bundesliga dua pekan lalu. Namun keduanya masih sangat waspada dengan ancaman virus dengan mewajibkan aturan jaga jarak dan kebersihan, selain melaksanakan pertandingan di balik stadion tertutup.

Hanya saja, pemerintah Vietnam tidak serta merta memberikan kebebasan sepenuhnya, terbukti penjualan tiket untuk duel antara Nam Dinh dan HAGL hanya dibatasi untuk 10.000 penonton, separuh dari kapasitas stadion.

Sejumlah tindakan pencegahan juga terus mereka lakukan, salah satunya menerapkan pengecekan ketat kepada semua penonton sebelum masuk ke stadion.

Langkah berani ini tak lepas dari reputasi Vietnam sebagai salah satu negara yang paling tanggap menghadapi wabah COVID-19. Sampai hari ini, tercatat mereka hanya memiliki 324 kasus positif, 267 di antaranya sembuh dan nol angka kematian.

Rencananya, akan ada sembilan pertandingan kualifikasi Piala Nasional lainnya yang digelar pada akhir pekan ini, sementara kompetisi kasta tertinggi mereka, V.League akan dilanjutkan pada 5 Juni mendatang.

Sementara di Indonesia, operator kompetisi masih menunggu keputusan pemerintah untuk kembali menggulirkan kompetisi mengingat tidak diperbolehkannya kegiatan olahraga berlangsung ketika kasus positif Covid-19 di Indonesia tidak kunjung menurun grafiknya.

Keberanian pemerintah Vietnam dalam mengambil keputusan lockdown dan ketaatan masyarakat dalam mematuhi aturan berbuah manis dengan cepatnya Vietnam terbebas dari Covid-19. Negara ini selangkah lebih maju dengan menormalkan kembali aktivitas sepakbola di negaranya.

Para penggemar sepakbola di Vietnam sudah rindu benar dengan sepakbola. Di Indonesia, pasti para penggemar sepakbola merindukannya pula. Kapan?
Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved