arrow_upward

Si Jago Merah Mengamuk, Enam Rumah di Padang Halaban Ludes Seketika

Jumat, 14 Juni 2024 : 16.26

 

Enam unit rumah warga Jorong Padang Halaban, Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Pasaman Barat, ludes dilalap si Jago Merah. (arafat)

PASBAR, ANALISAKINI.ID--Sebanyak 6 unit rumah milik warga Jorong Padang Halaban, Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat, ludes terbakar. Musibah memilukan yang membuat bangunan rata dengan tanah itu, terjadi pada Jumat (14/6/2024), sekira pukul 03.00 WIB.

"Benar, kebakaran hebat terjadi sekira pukul 03.00 WIB, Jumat, hingga menghanguskan 6 unit rumah warga Jorong Padang Halaban," kata Sekretaris Pol-PP dan Damkar, Pasaman Barat, Handoko, saat dihubungi  Jumat,  kemarin.

Adanya laporan  masyarakat, dua unit mobil damkar serta 16 personel diterjunkan untuk menjinakkan si Jago Merah. Bukan saja itu, water cannon pihak Polres Pasbar  pun  diluncurkan ikut serta memadamkan api. Personel damkar dan petugas Polres serta masyarakat,  berjibaku melakukan pemadaman. Terlebih rumah warga berdempetan dan kebanyakan rumah terbuat dari kayu, hingga pihak damkar dan masyarakat mengalami sedikit kesulitan saat menjinakkan api.

Alhasil, sekira pukul 07.01 WIB, api baru dapat dijinakkan dengan menghabiskan sebanyak enam tengki air masing-masing armada untuk memadamkan api.

Adapun rumah yang terbakar, yakni milik Titi (50), Andika (36), Nuraini (58), Iyar (58), Yuliasna (55) dan Yogi Setiawan (30).

Ada korban yang mengalami luka bakar, yakni  Yanti, anak dari Titi, saat ini dirawat di Puskesmas Sasak. Lalu, Tifani cucu dari Titi, yang mengalami luka bakar dan dirawat di Puskesmas Sasak. Kemudian,  Darlis (40) mengalami trauma dan sempat pingsan. 

“Untuk kerugian, kita bersama pihak Polres, Camat dan Walinagari masih melakukan pendataan di Tempat Kejadian Peristiwa (TKP)," kata Handoko.

Sementara, Camat Sasak Ranah Pasisie, Yenni Tunida, saat dihubungi melalui selulernya membenarkan kejadian tersebut. Namun pihaknya masih di Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) bersama pihak kepolisian dan damkar untuk melakukan pendataan.

"Kita mengimbau agar masyarakat selalu waspada saat menggunakan peralatan yang dapat memicu kebakaran. Seperti sambungan arus pendek, kompor gas dan api tungku, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan," katanya. (arafat)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved