arrow_upward

PROFESOR BUSYRA AZHERI : Padang, Butuh Pemimpin Berpengalaman

Kamis, 20 Juni 2024 : 09.16


Hendri Septa-Hidayat

Padang, Analisakini.id-
Sebagai ibukota Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang perlu melenting lebih hebat lagi. Untuk itu diperlukan kriteria pemimpin Kota Padang yang cocok untuk daerah ini. Banyak pihak menilai pemimpin Kota Padang harus berpengalaman memimpin.  

"Tidak hanya popularitas saja, tapi sikap takah, tokoh dan tageh itu sangat penting," tegas Prof. Busyra Azheri, akademisi di Universitas Andalas (Unand).
Mengacu kepada kriteria itu maka pasangan Hendri Septa - Hidayat yang disebut-sebut dan banyak yang menjagokan, dinilai Busyra sangat cocok. Kata Busyra, Hendri Septa yang berpengalaman di Kota Padang. Sebagai tokoh yang pernah menjadi Walikota Padang, tentu saja sangat mengenal potensi yang bisa dikembangkan. Sedangkan Hidayat, sebagai anggota DPRD Sumbar, Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Padang terkenal aktif dan vokal membela kepentingan masyarakat.
"Hendri Septa adalah incumbent Walikota Padang yang cukup popularitas. Selama menjabat kinerja terukur. Pencapaian program unggulan (progul) banyak pula lebihi target. Sedangkan Hidayat merupakan sosok yang sudah lama berkecimpung sebagai anggota legislatif.  Di DPRD Sumbar selama dua periode. Peduli dan merakyat, cukup kental. Jika mereka di pasangan makin kuat pemerintah ke depannya," ucap Busyra Azheri ketika diminta pendapatnya tentang pasangan tersebut.
Busyra Azheri bergelar Datuak Bungsu ini berharap sebagai Kota yang menjadi etalase Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang ke depan harus lebih baik. Ia mengharapkan walikota dan wakilnya terpilih nantinya bisa berfikir meluangkan waktu dengan serius untuk Kota Padang.
"Sekarang yang bisa dibanggakan adalah Padang, kota perdagangan dan pariwisata," ucap Busyra.
Akademikus dan penulis itu berharap kandidat calon walikota dan wakilnya mempunyai visi kepariwisataan dan bisnis, sebab itu dua sisi yang tak bisa dipisahkan. Namun juga mampu mengantisipasi persoalan yang timbul nantinya seperti LGBT dan masalah lainnya. 
"Artinya, pemimpin Kota Padang kedepan harus memiliki visi dan misi pariwisata, bisnis dan paham dengan sosial budaya masyarakat di Kota Padang," tegasnya
Seperti diketahui, Hendri Septa sudah mendapatkan restu maju sebagai calon walikota Padang. Tinggal ia memilih pasangannya untuk disandingkan dalam 'alek demokrasi' yang digelar November ini. Hidayat adalah kader Gerindra, partai yang ketua umumnya terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2024, dan berpengalaman 10 tahun mewakili Kota padang di DPRD Sumbar. 
Secara umum, Busyra menilai Gerindra, NasDem,  PKS adalah partai yang potensi dan pasti memiliki calon yang kuat daya tawar.  
"Saya melihat mereka memiliki jagoan masing-masing. Tinggal mereka mencari apakah jagoannya maju sebagai nomor satu atau dua," 
Ia juga mengapresiasi seluruh tokoh yang maju sebagai calon kepala daerah di Kota Padang. Masing - masing, sebutnya punya peluang. "November pemilihan, minimalnya Agustus harus deklarasi pasangan," tutupnya. (lg)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved