arrow_upward

Mahasiswa Universitas Selangor dan UBH Lakukan Kunjungan Edukasi ke DPRD Sumbar

Selasa, 04 Juni 2024 : 15.01

 

Sekwan Raflis dan lainnya saat bersama mahasiswa dan dosen dari Universitas Selangor Malaysia dan mahasiswa UBH Padang, saat mereka lakukan kunjungan ddukasi ke DPRD Sumbar, Selasa (04/06/2024). (humasdprdsb) 

PADANG, ANALISAKINI.ID—DPRD Sumatera Barat tak hanya jadi tempat pembelajaran bagi mahasiswa lokal, tapi juga menjadi kunjungan edukasi bagi mahasiswa luar negeri. Kali ini dari negeri jiran, yakni mahasiswa dari Universitas Selangor, Malaysia.

Kunjungan yang dilakukan, Selasa (04/06/2024) itu, juga bersamaan dengan kunjungan mahasiswa yang tergabung dalam BEMM dan DPMM Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta (UBH) Padang. Pertemuan yang dilangsungkan di Ruang Khusus Sekretariat DPRD Provinsi Sumbar itu, diterima Sekwan Raflis, didampingi Zardi Kabag Persidangan, Perundang-undangan, dan Kasubag Humas dan Protokoler Sekretariat DPRD Provinsi Sumbar, Idris.

Pada kesempatan tersebut, Sekwan DPRD Sumbar Raflis, membeberkan sekilas seputar tugas, pokok dan fungsi lembaga wakil rakyat tersebut. Lalu ada tanya jawab dan diskusi, sehingga pertemuan tersebut berlangsung penuh makna dan sangat berharga bagi mahasiswa tentunya.

Yang jelas kepada mahasiswa pada dua perguruan tinggi dimaksud, Sekwan Raflis ikut memotivasi mereka. Katanya, sebagai generasi muda yang enerjik, jadilah pembawa perubahan di tengah-tengah masyarakat.

“Betapa negeri ini membutuhkan pemikiran-pemikiran bernas dan inovatif dari  adik-adik mahasiswa semuanya. Jadilan memberi arti kepada masyarakat,” ucap Raflis.

Begitu juga mahasiswa dari negeri serumpun, tentu kunjungan ini akan menjadikan pengalaman berharga pula untuk mereka.

"Ya, bertebaran di muka bumi ini kata Allah, carilah Rahmat Allah SWT, artinya adik-adik mahasiswa, harus memberikan rahmatnya," ujar Raflis, memberikan motivasi.

Yang jelas, kata Raflis, DPRD merupakan lembaga negara yang sejajar dengan kepala daerah. Memiliki peran pengawasan, penganggaran dan membuat produk hukum (perda).

“Kita di DPRD Sumbarberjumlah 65 anggota. Dari jumlah itu empat orang menjadi pimpinan, terdiri atas satu ketua dan tiga wakil ketua,” ujar Raflis.

Dalam kunjungan itu, ada 18 mahasiswa Fakultas Hukum Bung Hatta, dan 12 mahasiswa Selangor Malaysia serta 3 dosen pendamping. (n-r)

 


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved