arrow_upward

Kuliah Lapangan ke DPRD Sumbar, Ratusan Mahasiswa Fakultas Hukum Unand Dapat Pelajaran Berharga

Selasa, 04 Juni 2024 : 15.45

 

Kebersamaan mahasiswa Fakultas Hukum Unand bersama pejabat Sekretariat DPRD saat kuliah lapangan ke DPRD Sumbar, Selasa (04/06/2024). (humasdprdsb)

PADANG, ANALISAKINI.ID—Lagi, DPRD Sumbar menjadi tempat edukasi, menimba ilmu, bagi mahasiswa. Kali ini, ratusan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) Padang berkunjung ke lembaga wakil rakyat tersebut, Selasa (04/06/2024).

Kunjungan mahasiswa bertajuk kuliah lapangan itu, bertempat di ruang Sidang Utama gedung DPRD setempat diterima Sekretaris DPRD, Raflis dan pejabat sekretariat lainnya.

Dalam kesempatan itu, para mahasiswa didampingi sejumlah dosen. Mereka diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi seputar berbagai isu yang berkaitan dengan peran legislatif dalam pemerintahan daerah. 

Kontan, Sekwan Raflis pun menyambut baik kunjungan tersebut dan memberikan penjelasan singkat terkait struktur, tugas dan fungsi DPRD.

Menurut Raflis, kunjungan mahasiswa seperti ini sangat penting untuk memberikan wawasan praktis, terutamaterkait tugas-tugas legislatif dan proses pembuatan kebijakan. 

"Untuk itu, ami berharap, adik-adik mahasiswa dapat memahami lebih dalam tentang dinamika politik dan pemerintahan daerah," ujar Raflis yang akan purnatugas tahun ini.

Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi mengenai berbagai topik, seperti proses penyusunan peraturan daerah, pengawasan pelaksanaan anggaran, serta peran DPRD dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah seorang mahasiswa mengungkapkan kegembiraannya mengikuti kuliah lapangan ini. 

"Betpa tidak, kami mendapatkan banyak pengetahuan baru yang tidak bisa kami dapatkan di dalam kelas. Diskusi langsung dengan Sekretaris DPRD, tentu memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai bagaimana teori yang kami pelajari di kampus," ujarnya.

Dosen Fakultas Hukum Unand yang mendampingi mahasiswa tersebut, berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin dan mendorong mahasiswa untuk lebih aktif memahami proses legislasi dan pemerintahan daerah.

Dengan mengadakan kuliah lapangan seperti ini, berharap mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan analisis kritis dan memahami kompleksitas dunia hukum secara lebih mendalam.

Yang jelas, kunjungan yang berlangsung hangat itu merupakan bagian dari upaya Fakultas Hukum Unand untuk memadukan teori dan praktik dalam pendidikan hukum, sehingga menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di dunia profesional. (n-r)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved