arrow_upward

Pj. Walikota Payakumbuh Jasman Diganti, Pj. Bupati Mentawai FJ. Simanjuntak Diperpanjang

Jumat, 24 Mei 2024 : 13.12
Padang, Analisakini.id-Penjabat (Pj) Walikota Payakumbuh Jasman Rizal diberhentikan MMenteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian. Staf Ahli Gubernur Sumbar ini digantikan oleh
Ir. Suprayitno MA yang saat ini menjabat sebagai Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II pada Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri.

Sebaliknya Pj. Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak diperpanjang masa jabatannya. FJ Simanjuntak dilantik pada 24 Mei 2023, sedangkan Jasman dilantik pada 29 September 2023.

Kabiro Pemerintahan Setdaprov Doni Rahmat Samulo membenarkan hal itu. Katanya Mendagri memutuskan untuk mengganti Pj. Walikota Payakumbuh dan memperpanjang jabatan Pj Bupati Kepulauan Mentawai.

"Surat Keputusan (SK) Mendagri untuk penggantian Pj Wali Kota Payakumbuh dan perpanjangan masa jabatan Pj Bupati Mentawai itu sudah diterima Pemprov Sumbar," jelasnya.

Jasman harusnya menjabat hingga September 2024 sesuai Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 100.2.1.3-3738 tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan penjabat Walikota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat.

Namun menurut Doni Rahmat Samulo, sesuai kewenangannya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bisa melakukan penggantian sebelum masa jabatannya berakhir.

Hal yang sama juga pernah terjadi pada Pj Walikota Sawahlunto, Zefnihan yang diganti oleh Mendagri meski masa jabatannya belum genap setahun.

Keputusan berbeda diambil Mendagri terkait masa jabatan Pj Bupati Kepulauan Mentawai, FJ. Simanjuntak.
Mendagri Muhammad Tito Karnavian memutuskan untuk memperpanjang masa jabatan Pj Bupati Kepulauan Mentawai, FJ. Jongguran Simanjuntak hingga kepala daerah definitif hasil Pilkada November 2024 dilantik.

"Kita sudah menerima kedua SK ini dari Kemendagri. Rencananya pelantikan Pj Walikota Payakumbuh akan dilaksanakan Senin ( 27/5). Penyerahan SK perpanjangan jabatan Pj Bupati Mentawai juga dilakukan pada hari yang sama, tetapi dalam acara yang berbeda," jelas dia. (sumber : antara)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved