arrow_upward

Konsultasi dengan DPRD Sumbar, DPRD Sumut Ingin Perkuat Mekanisme Sidang BK

Senin, 20 Mei 2024 : 15.59

 

Suasana pertemuan rombongan BK DPRD Sumut saat berkunjung ke Padang yang diterima Ketua BK DPRD Sumbar Muzli M. Noer, Senin (20/05//2024). (humasdprdsb) 

PADANG, ANALISAKINI.ID—DPRD Sumatera Barat kembali mendapat kunjungan dari lembaga wakil rakyat provinsi tetangga. Kali ini, Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Sumatera Utara yang melakukan kunjungan kerja. Mereka berkonsultasi terkait tata cara pelaksanaan sidang di Badan Kehormatan Dewan.

Rombongan yang datang ke Padang, Senin (20/5/2024) itu, diterima  di ruang BK DPRD Sumbar. Dan, disambut hangat Ketua BK DPRD Sumbar, Muzli M. Noer dan lainnya

Ketua BK DPRD Sumatera Utara, Dr. H. Hariyanto, Lc, MA, menyebutkan, kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan memperbaiki mekanisme pelaksanaan sidang BK.

“Ini, guna meningkatkan integritas dan profesionalisme di lingkungan DPRD tentunya,” sebut Hariyanto.

Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak berbagi pengalaman dan berdiskusi terkait berbagai aspek teknis dan prosedural dalam pelaksanaan sidang BK.

Yang jelas, Hariyanto menyampaikan apresiasinya atas sambutan yang diberikan pihak DPRD Sumbar. 

"Ya, kami berharap melalui konsultasi ini, dapat belajar dari praktik terbaik yang diterapkan oleh BK DPRD Sumbar. Hal ini penting untuk memastikan sidang-sidang yang kami gelar berjalan sesuai dengan aturan dan standar yang berlaku, serta menjamin keadilan dan transparansi," ujarnya.

Sementara itu, Muzli M. Noer, menyatakan kesiapan DPRD Sumbar untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. 

"Kami juga menyambut baik kunjungan ini sebagai kesempatan untuk saling bertukar informasi dan memperkuat kerja sama antar daerah. Kami berharap apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi BK DPRD Sumatera Utara dalam menjalankan tugas dan fungsinya," kata Muzli.

Katanya, konsultasi ini mencakup berbagai topik. Mulai dari mekanisme penanganan laporan pelanggaran etik, prosedur penyelidikan, hingga tata cara pengambilan keputusan dalam sidang BK. 

Diskusi berjalan interaktif dengan banyak pertanyaan dan tanggapan dari kedua belah pihak. “Ini, tentu, mencerminkan semangat kolaborasi dan komitmen bersama untuk memperbaiki kinerja institusi legislatif,” sebutnya.

Yang jelas, kunjungan kerja ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara DPRD Sumatera Utara dan DPRD Sumatera Barat, serta menjadi langkah positif dalam upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Kehormatan pada kedua daerah. (n-r)

 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved