arrow_upward

Gunung Marapi Meletus Lagi

Kamis, 30 Mei 2024 : 14.44

 

Gunung Marapi di Sumatera Barat, kembali meletus, Kamis (30/05/2024) pukul 13.04 WIB dengan ketinggian sekitar 2.000 meter. (maswir chaniago)

AGAM, ANALISAKINI.ID--Gunung Marapi di Sumatera Barat, Kamis (30/05/2024) pukul 13:04 WIB, kembali meletus. Gunung yang berada di dua kabupaten itu, mengeluarkan asap berwarna kelabu. Bak cendawan raksasa. Rusuh hati melihatnya.

Berdasar informasi yang diterima, di tempat pengambilan gambar dari KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Marapi,  bahwa tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 4.891 m di atas permukaan laut). 

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal, condong ke arah barat laut. Letusan ini direkam dari Kapau, Kecamatan Tilatang Kamang, Agam.

Menurut informasi tambahan dari KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Marapi, durasi sementara ini berkisar 2 menit 2 detik.

Warga yang berada di pinggang gunung itu pun, harus wapada. Cemas tentu saja. Terlebih luka banjir lahar dingin yang menyapu daerah setempat baru-baru ini,  hingga kini, belum sepenuhnya terobati.  (maswir)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved