arrow_upward

PERKIRAAN PENGISI KURSI DPRD KOTA PADANG, Gerindra Raup 8 Kursi Ungguli Parpol Lain, Dapil 6 Mengejutkan

Selasa, 27 Februari 2024 : 20.45
Padang, Analisakini.id-
Partai Gerindra diperkirakan dipastikan mengantarkan 8 kadernya di DPRD Padang hasil Pemilu 2024 ini. Dan kursi ketua DPRD Padang jatuh ke tangan kader partai besutan Prabowo Subianto ini.

Partai Gerindra yang pada Pemilu 2019 lalu sukses meraih suara terbanyak dan mengantarkan 11 kadernya ke DPRD Padang sekarang tetap sebagai pemenang meski raihan kursi turun 3 menjadi 8 kursi. Siapa yang diprediksi duduk?

Berikut berdasarkan hasil hitung sementara pileg DPRD Padang per 27 Februari 2024 pukul 19.00 WIB, dengan jumlah suara masuk 69,48 persen dan data pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara yang telah dituntaskan panitia pemilihan kecamatan (PPK) di beberapa kecamatan.

Di Dapil Padang 1 (Kecamatan Koto Tangah) yang menyediakan 10 kursi, PKS tampil sebagai pemenang dan hampir dipastikan 2 kursi diraih untuk kadernya Muharlion (petahana) dan Mulyadi Muslim. Mulyadi sukses mengalahkan petahana Pun Ardi. Gerindra juga meraih dua kursi masing-masing atas nama Manufer Putra Firdaus (petahana) dan Delma Putra (petahana).

Enam kursi lain direbut oleh NasDem (Dedy Mariyes Saputra), Golkar (Muhammad Tommy Arbi), PAN (Rustam Effendi), Demokrat (Mukhlis/petahana), PPP (Yuhilda Darwis/petahana). Sedangkan kursi terakhir diperebutkan oleh PKB (Irwandi) dan PDIP (Wirman Panjaitan/petahana).

Di Dapil Padang 2 wilayah Kecamatan Kuranji dengan alokasi 7 kursi, PKS berjaya mengantarkan petahana Ja'far kembali manggung. Lalu Gerindra (Wahyu Hidayat), PAN (Usmardi Tareb), Golkar (Erianto). Ketiga sukses mengungguli petahana Muzni Zen (Gerindra), Yandri (PAN) dan Zulhardi Z. Latif (Golkar).
Kursi berikutnya diraih NasDem (Iskandar), PKB (Zalmadi/petahana), PPP (Muhammmad Khalidi Al Khair).

Untuk Dapil Padang 3 meliputi Pauh dan Lubuk Kilangan dengan alokasi 6 kursi, PKS  kembali jawara. Tapi sayang hanya bisa antarkan seorang kadernya ke DPRD Padang yaitu Edmon (petahana). Kursi berikutnya Demokrat (Surya Jufri/petahana), Gerindra (Donal Ardi/petahana), 
NasDem (Alfi Beben One), 
Golkar (Miswar Jambak/petahana), dan PKB (Yusri Latif).

Sedangkan di Dapil Padang 4 (Lubeg dan Bungtekab) yang menyediakan 7 kursi, Gerindra unggul dan mengantarkan Dewi Susanti (petahana) ke gedung DPRD Sumbar. Berikutnya PPP (Indra Guswadi), NasDem (Yendril), Golkar (Devi Febrida), PKS (Hendrizal), PAN (Jupri/petahana) serta Demokrat (Rusdi) bersaing dengan kursi kedua Gerindra (Amran Tono).

Untuk Dapil Padang 5 (Padang Timur dan Padang Selatan) dengan 7 kursi, PAN berjaya, sama Pileg 2019. Bedanya, dulu dapat dua kursi sekarang hanya satu atas nama Amril Amin (petahana). 

Lainnya Gerindra (Rachmad Wijaya), PKS (Gufron), NasDem (Fefrizal), Golkar (Helmi Moesim AY), PDIP 
Christian Rudy Kurniawan Sutiono) dan kursi terakhir Partai Ummat (Erismiarti). Erismiarti adalah satu-satunya caleg partai besutan Amien Rais ini yang sukses menggapai kursi DPRD Padang.

Di dapil Padang 6 (Nanggalo, Padang Barat dan Padang Utara) yang sediakan 8 kursi, mengejutkan NasDem jawara dan sukses rebut 2 kursi. Yaitu Argi Putra Finalo dan Usman Ayub (petahana). 

Tadinya berdasarkan hasil perhitungan sementara di pemilu2024.kpu.go.id sejak awal hingga 27 Februari 2024, PKS unggul dan nyaris dapatkan 2 kursi. Tapi akhirnya, harus rela dapat satu ataa nama Arnedi Yarmen (petahana). Lalu Gerindra (Mastilizal Aye/petahana), PAN (Faisal Nasir/petahana), Demokrat (Yulasmi), PKB (Yosrizal Effendi) dan PDIP (Iswanto Kwara). 

Dengan demikian Gerindra mendapat 8 kursi, PKS (7), NasDem (7), PAN (5), Golkar (5), Demokrat (3), PKB (3 atau 4), PPP (3), PDIP (3 atau 2) dan Partai Ummat (1). (***)






Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved