arrow_upward

KURSI DPRD KOTA PADANG, PKS, Gerindra dan NasDem Loloskan Tujuh Kader, Ummat Menyalip Satu

Kamis, 29 Februari 2024 : 23.47
Padang, Analisakini.id-Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra dan NasDem sukses mengantarkan tujuh kadernya menjadi anggota DPRD Padang hasil Pileg 14 Februari 2024 lalu. Partai baru yang didirikan Amien Rais, sukses pula menyalipkan seorang kadernya ke gedung DPRD Padang. Partai baru lainnya apes.

Meski sama-sama tujuh kursi, tapi kader PKS yang akan menduduki kursi Ketua DPRD Padang. Raihan kursi PKS sendiri turun satu ketimbang Pileg 2019 yang meraih 8 kursi. Gerindra yang sebelumnya menjadi jawara dan meraih 11 kursi, terpaksa puas di urutan kedua.

Yang mengejutkan adalah NasDem naik 6 kursi yang sebelumnya hanya 1 kursi pada Pileg 2019. Yang juga mengejutkan adalah PKB. Pileg 2019, kosong, Pileg 2024 sukses meraih 4 kursi. Ini juga memperlihatkan parpol pendukung Capres-Cawapres Anis-Cak Imin yang menang di Padang dan Sumbar, terdongkrak pula dibuatnya.

Tujuh kursi untuk PKS adalah petahana Muharlion dan Mulyadi Muslim di Dapil Padang 1 (Koto Tangah). Lalu petahana Ja'far (Dapil Padang 2/Kuranji, Edmon/petahana (Dapil Padang 3/Pauh dan Luki), Hendrizal (Dapil 4/Lubeg dan Bungtekab), Gufron (Dapil 5/Padang Timur dan Padang Selatan) serta Arnedi Yarmen/petahana (Dapil  6/Nanggalo, Padang Utara dan Padang Barat).

Sedangkan 7 kursi Gerindra diraih oleh dua petahana di Dapil 1 yaitu Manufer Putra Firdaus dan Delma Putra. Berikutnya Wahyu Hidayat (Dapil 2), petahana Donal Ardi (Dapil 3), petahana Dewi Susanti (Dapil 4), Rahmat Wijaya (Dapil 5) dan Mastilizal Aye (Dapil 6).

Tujuh kursi NasDem direbut oleh M. Fautiaz Fauzi (Dapil 1), Iskandar (Dapil 2), Alfi Beben One (Dapil 3), Yendril (Dapil 4),  Rafli Boy (Dapil 5) dan Argi Putra Finalo dan Usman Ayub/petahana (Dapil 6).

Berikutnya adalah Partai Amanat Nasional (PAN) yang meraih 5 kursi, turun 2 kursi ketimbang Pileg 2019. Yaitu Rustam Efendi/petahana (Dapil 1), Usmardi Tareb (Dapil 2), Jupri (Dapil 4), Amril Amin (Dapil 5) dan Faisal Nasir (Dapil 6). Dapil 3 kosong.

Selanjutnya Golkar meraih 5 kursi pula, bertambah 2 kursi yang Pileg 2019 hanya mendapat 3 kursi. Mereka adalah Tommy Arbi (Dapil 1), Erianto (Dapil 2), Miswar Jambak (Dapil 3), Devi Febrida (Dapil 4), Helmi Moesim (Dapil 5). Dapil 6, apes.

Berikutnya adalah PKB yang sukses mendulang 4 kursi, yaitu Irwandi (Dapil 1), Zalmadi (Dapil 2), Yusri Latif (Dapil 3) dan Yosrizal Effendi (Dapil 6).

Lalu Demokrat yang sebelumnya dapat 5 kursi sekarang tinggal 4 lagi yaitu Muchlis (Dapil 1), Surya Jufri (Dapil 3), Rusdi (Dapil 3) dan Yulasmi (Dapil 6).

PDIP kembali mempertahankaan tiga kursinya di DPRD Padang yaitu Wismar Panjaitan (Dapil 1), 
Christian Rudy Kurniawan Sutiono (Dapil 4) dan Iswanto Kwara (Dapil 5). 

PPP yang pada Pileg 2019 dapat 3 kursi, sekarang dapat 2, yaitu Muhammmad Khalidi Al Khair (Dapil 2) dan Indra Guswadi (Dapil 3). Satu kursi lagi didapat Partai Ummat melalui calegnya Erismiarti di Dapil 5. Menariknya Erismiarti adalah istri Ilham Maulana, Wakil Ketua DPRD Padang dari Partai Demokrat. Dia tak maju lagi pada Pileg 2024. (*)
Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved