arrow_upward

Dikunjungi Komisi I DPRD Kota Padang Sidempuan, Sekwan Raflis: Gunakan Uang Negara, Intinya Taat Aturan

Kamis, 25 Januari 2024 : 20.52

 

Sekwan DPRD Sumbar dan lainnya saat bersama Komisi I DPRD Kota Padang Sidempuan, dalam kunjungan wakl rakyat tersebut ke Padang, Kamis (25/01/2024). (humasdprdsb)


PADANG, ANALISAKINI.ID—DPRD Sumatera Barat kembali mendapat kunjungan dari lembaga legislatif dari daerah lain. Kali ini, Komisi I DPRD Kota Padang Sidempuan, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (25/1/2024), yang mengulik berbagai hal, terutama terkait kewenangan komisi terkait.

Kunjungan para wakil rakyat provinsi tetangga tersebut diterima Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis dan lainnya, bertempat di Ruang Khusus I Kantor DPRD Sumbar.

Diskusi berlangsung cukup cair, hangat. Dalam pertemuan tersebut, Komisi I DPRD Kota Padang Sidempuan fokus pada koordinasi dan konsultasi terkait mekanisme pertanggungjawaban keuangan perjalanan dinas. Menurut mereka, ini sangat penting, karena salah melangkah, bisa berurusan dengan hukum.

Terkait hal itu, Sekwan Raflis menyebutkan, ketaatan dalam menggunakan uang negara, kontan harus menjadi perhatian serius. “Termasuk dalam penggunaan keuangan terkait perjalanan dinas, ini harus benar-benar taat hukum,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Raflis juga melihat pentingnya kesepakatan bersama dalam penganggaran tahun jamak antara DPRD provinsi dan kabupaten/kota, yang mengacu pada berbagai aturan. Ia menekankan perlunya konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk memastikan mekanisme yang jelas sesuai aturan.

“Sekali lagi, ini demi menghindari potensi masalah hukum,” tegas Raflis.

Dia juga menekankan kewajiban untuk melakukan evaluasi pada tingkatan lebih tinggi, seperti provinsi ke Depdagri, dan kabupaten/kota ke provinsi.

Yang jelas, rombongan Komisi I DPRD Kota Padang Sidempuan tersebut mengapresiasi penjelasan Raflis dan meminta panduan lebih lanjut dari DPRD Sumbar.

Pimpinan rombongan menyampaikan terima kasih kepada Sekwan Raflis atas masukan yang diberikan, dan berharap mendapatkan panduan berupa keputusan dan peraturan sebagai acuan dalam penyusunan anggaran di masa mendatang.

Diskusi yang berlangsung serius namun santai dihiasi dengan berbagai candaan, menciptakan suasana akrab antara tamu dan tuan rumah.

“Diskusi dan konsultasi seperti ini penting. Semoga baik DPRD Padang Sidempuan maupun DPRD Sumbar, dapat selalu istiqomah taat aturan dalam menggunakan keuangan negara,” pungkas Raflis. (n-r)

 




“Terima kasih pada pihak DPRD Sumbar yang telah menerima kami dengan baik, berdiskusi dan mendapatkan masukan berharga,” sebutnya. (n-r)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved