arrow_upward

50 TAHUN MENIKAH, Asli Chaidir Beberkan Rahasia Pernikahan Awet

Senin, 08 Januari 2024 : 08.21
Asli Chaidir memberikan sambutan, didampingi sang istri, Hj. Erliwati Asli Chaidir. (ist)

Padang, Analisakini.id-Anggota DPR RI dari Fraksi PAN, H. Mhd Asli Chaidir merayakan tahun emas pernikahan dengan istrinya, Hj. Erliwati Asli Chaidir. Keduanya telah terikat pernikahan selama 50 tahun.

Perayaan tahun emas pernikahan itu, dilaksanakan di salah satu hotel di Padang, Sabtu malam (6/1). Hadir para kerabat, famili, tetangga, kolega dan undangan lainnya. Tentu saja para saksi sejarah yang menyaksikan langsung ucapan ijab kabul Asli Chaidir saat mempersunting gadis pilihannya itu.

"Alhamdulillah langgeng sampai sekarang. Sudah pula dikarunai enam anak yang membanggakan orang tua. Semoga menjadi suri tauladan," kata Oma Jarimah, salah satu dari lima saksi yang menyaksikan pernikahan pasangan Asli-Erliwati.

Saat memberikan sambutan, Asli sempat sejenak mengingat kembali awal mula ketertarikannya dengan sang istri. Suka duka dihadapi berdua. Banyak cobaan dan tantangan yang harus dilewati.

"Tapi alhamdulillah berkat lindungan Allah SWT, kami diberi kekuatan dan saling memahami, sehingga baktera rumah tangga kami langgeng dan diberi titipan enam anak, empat laki-laki dua perempuan," kata Asli yang sesekali menoleh ke istri tercintanya, Erliwati.

Asli memberikan sambutan di atas pentas didampingi istrinya, Erliwati. Tampak kompak dan berkolaborasi. Sesekali juga Asli menerima bisikan dari istrinya, terutama saat menyapa para hadirin. Ada tamu, kerabat dan undangan lupa disebutkan Asli, Erliwati langsung membisikkan ke suaminya.

"Istri adalah sumber inspirasi dan penyemangat hidup. Tanamkan saling pengertian dan saling memahami, insyaallah, langgeng. Allah SWT melindungi kita," sebut Asli membeberkan rahasia pernikahan awet.

Seperti diketahui, Asli Chaidir menikah dengan Erliwati pada 6 Januari 1974. Kemudian dikaruniai 3 anak yaitu Hendri Septa, B.Bus (Acc) M.I.B, Robi Novitra, ST, MM, Amelia, SP, M.I.B, drg. Adela Jeni Volia, Dean Asli Chadir, SIP, Agi Yoshanda, BBA, MBA.

Hendri Septa mewakili keluarga dan selaku putra sulung dalam kesempatan itu mengatakan, dia dan lima adiknya beruntung punya papa dan mama yang kini merayakan hari pernikahan ke-50 tahun. Golden Wedding Anniversary. Sebagai anak mereka sangat bahagia.

"Semoga terus langgeng dan menjadi panutan bagi kami. Selamat perayaan pernikahan emas, papa dan mama," kata Hendri Septa, Walikota Padang itu sambil menuju ke kursi tempat papa dan mamanya duduk. Walikota Padang prorakyat itu, lalu mencium punggung tangan kedua orang tuanya.

Sebelum memberikan sambutan, diputar video kilas balik perjalanan hidup Asli Chaidir dan Erliwati hingga detik pengucapan ikrar membangun rumah tangga.

Hadir dalam kesempatan itu, Wawako Padang Ekos Albar, Sekdako Andree Algamar, sesepuh Golkar Sawir Taher, mantan Wawako Padang Yusman Kasim, Naswar Rismadi (mantan Kapolres Padang), tokoh Muhammdiyah Darmadi dan sejumlah tokoh lainnya. (ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved