arrow_upward

Tutup Masa Sidang I Tahun 2023/2024, DPRD Sumbar Laporkan Hasil Reses

Rabu, 27 Desember 2023 : 15.36

 

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Safar didampingi Suwirpen Suib, menyerahkan dokumen hasil reses anggota dewan masa sidang I tahun 2023-2024 pada Gubernur Mahyeldi pada rapat paripurna, Rabu (27/12/2023).  (humasdprdsb)


PADANG, ANALISAKINI.ID—Dalam masa sidang pertama tahun 2023-2024, DPRD Sumatera Barat punya banyak agenda. Beberapa agenda penting di bidang anggaran, misalnya, yakni terkait penetapan Perubahan KUA-PPAS Tahun 2023 dan Ranperda tentang APBD Sumbar Tahun 2024.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Syafar didampingi Wakil Ketua DPRD Suwirpen Suib serta Sekwan Raflis pada rapat paripurna dengan agenda penyampaian laporan hasil pelaksanaan reses anggota DPRD masa persidangan pertama tahun 2023/2024, Rabu (27/12/2023) di ruang Sidang Utama gedung DPRD setempat.

Paripurna tersebut dihadiri Gubernur Mahyeldi beserta sejumlah pimpinan OPD, unsur forkompida serta undangan lainnya itu. Paripurna pun dilanjutkan dengan penutupan masa persidangan pertama tahun 2023 sekaligus pembukaan masa persidangan kedua tahun 2024.

Dikatakan Irsyad, dalam pelaksanaan fungsi pembentukan Perda, DPRD bersama pemerintah daerah telah melakukan pembahasan empat Ranperda.

"Dua sudah dapat ditetapkan dan sisanya masih dalam proses pembahasan. Karenanya, diluncurkan untuk dibahas pada masa persidangan kedua tahun 2024 ini," ungkap Irsyad Safar.

Dalam hal pelaksanaan fungsi pengawasan, DPRD melalui komisi-komisi dan Bapemperda, telah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan Peraturan Gubernur (Pergub) yang jadi peraturan pelaksana dari Perda.

Juga dilakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program dan kegiatan OPD, yang telah dialokasikan dalam APBD Sumatera Barat.

"Pengawasan ini dilaksanakan baik dalam bentuk rapat maupun kunjungan kerja lapangan," ungkap Irsyad.

Di samping itu, DPRD juga telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk melihat permasalahan yang terjadi dengan pelaksanaan kerjasama pemanfaatan asset antara Pemerintah Daerah dengan PT Grahamas Citra Wisata.

"Sesuai dengan alokasi waktu yang diberikan, Pansus telah menetapkan rekomendasi yang perlu ditindak lanjuti pemerintah daerah dari pelaksanaan kerjasama yang dilakukan dengan PT Grahamas Citra Wisata," ungkap Irsyad.

Dikatakan, dari pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu jadi perhatian. Di antaranya, dari capaian target kinerja Propempeda Tahun 2023, masih ada 7 Ranperda yang belum dibahas.

"Pada masa persidangan kedua tahun 2023/2024, kita perlu memberikan perhatian dalam menuntaskan semua target tersebut," ungkap Irsyad.

Dia juga mengingatkan pemerintah daerah, terkait masih rendahnya tidak lanjut dari rekomendasi yang diberikan DPRD.

"Pemerintah Daerah perlu segera menuntaskan semua rekomendasi yang telah diberikan DPRD dari pelaksanaan fungsi pengawasan, baik rekomendasi Pansus maupun rekomendasi alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya," ungkap Irsyad.

"Kita juga meminta pemerintah daerah, segera melaporkannya secara berkala pada DPRD sebagai bahan untuk evaluasi selanjutnya oleh DPRD," tambah Irsyad.

 

Masa Reses

Dalam rangka menjemput dan menampung aspirasi masyarakat yang diwakilinya, sesuai dengan agenda kegiatan DPRD yang ditetapkan dalam Rapat Badan Musyawarah, dari tanggal 15-19 Desember 2023, seluruh pimpinan dan anggota DPRD Sumatera Barat melaksanakan reses ke daerah pemilihan masing-masing.

"Jadwal pelaksanaan reses tersebut, bertepatan pula dengan masa kampanye Pemilu Legislatif Tahun 2024. Namun dapat kami pastikan, bahwa selama pelaksanaan reses tidak digunakan pula untuk kampaye anggota DPRD," tegas Irsyad.

Dari kunjungan reses, ungkap Irsyad, cukup banyak aspirasi yang disampaikan masyarakat, baik terhadap kebutuhan pembangunan daerah maupun terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik yang perlu mendapat perhatian DPRD dan pemerintah daerah.

"Aspirasi selama reses ini telah dihimpun dan kami serahkan pada saudara gubernur untuk dapat diakomodir jadi bahan masukan dalam penyusunan RKPD serta rencana program dan rencana anggaran pemerintah daerah," tegas Irsyad.

Perkuat Sinergi

Sementara, Gubernur Sumbar Mahyeldi, mengatakan, banyak yang dihasilkan oleh DPRD bersama Pemerintah Daerah selama Masa Persidangan Pertama Tahun 2023/2024 ini, baik itu pembentukan Perda, pembahasan anggaran dan pengawasan yang tentunya sangat bermanfaat dan sangat mendukung kelancaran penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Semoga ini dapat menjadi sarana evaluasi bagi kita bersama dan sekaligus sumber motivasi, agar kita dapat lebih meningkatkan kinerja kita di masa yang akan datang,” ujar Mahyeldi.

Disamping itu, kata Mahyeldi, pihaknya tetap berharap sinergi yang baik terus dioptimalkan. Terlebih  pada masa persidangan kedua Tahun 2023/2024 yang akan datang, waktunya bersamaan dengan masa kampanye dan Pemilu 2024.


“Kami bersama jajaran Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat akan selalu mendukung, dan bersinergi dalam seluruh agenda kegiatan yang akan dilaksanakan oleh DPRD Provinsi Sumatera Barat, dengan harapan semoga agenda dan kegiatan selanjutnya tetap dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” harap Mahyeldi. (n-r)

 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved