arrow_upward

Hendra Irwan Rahim Apresiasi Festival Pesona Pangian, Ini Sebabnya

Minggu, 03 Desember 2023 : 21.14

Anggota DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim bersama Bupati Tanah Datar Eka Putra dan pejabat lainnya. (ist)

Tanah Datar, Analisakini.id-Anggota DPRD Sumbar Ir. H. Hendra Irwan Rahim, MM mengapresiasi Festival Pesona Pangian. Soalnya dengan gelaran acara itu, berarti memperkenalkan lebih luas dan intens kepada masyarakat kesenian tradisional lokal khususnya khas daerah Tanah Datar.

Hal itu disampaikan Hendra Irwan Rahim dalam pembukaan event nagari yaitu Arakan Seribu Talam dan Festinal Pesona Pangian, Minggu (3/12/2023) di nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo.

Calon anggota DPD RI nomor urut 6 ini menyebutkan festival pesona Pangian meriah. Dia tidak menyangka kehadiran masyarakat membeludak di sini. Ini bukti,  semua peduli dengan kesenian tradisional. Harus dipertahankan dan diawetkan.
Disebutkan, festival ini bertujuan menggali dan menunjukkan serta juga melestarikan kembali identitas budaya Minangkabau melalui tampilan kesenian tradisional. Apalagi di Tanah Datar ini, cukup banyak kesenian tradisional yang menjadi kebanggaan.
Politisi Golkar yang sudah banyak berbuat untuk pembangunan baik daerah maupun masyarakat Tanah Datar dan daerah lainnya, menjelaskan, jika tidak dimasifkan sosialisasi termasuk menggelar berbagai acara terkait kesenian tradisional, tidak tertutup kemungkinan, generasi muda ke depan, akan lupa dan kesenian tradisional itu. Padahal kesenian tradisional adalah aset berharga sekaligus bagian dari identitas diri.
"Luar biasa, kami mengapresiasinya. Beruntung kita punya Bupati sekaliber Bapak Eka Putra. Sebab di tangan beliau, kearifan lokal Tanah Datar diangkat kembali sehingga dikenal pula oleh warga lain yang berkunjung ke Tanah Datar,' kata Hendra Irwan Rahim yang juga Ketua Dekopinwil Sumbar.
Selain dihadiri Bupati Tanah Datar dan jajarannya,  juga hadir Kepala Taman Budaya Sumbar, Camat se-Kabupaten Tanah Datar, Walinagari se-Kab Tanah Datar, para tokoh dan perantau asal Tanah Datar. (*/ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved