arrow_upward

H.DEAN ASLI CHAIDIR, S.IP : Peran Guru Luar Biasa Lahirkan Generasi Penerus Bangsa Handal

Kamis, 07 Desember 2023 : 12.05

 

Tokoh muda PAN Sumbar Dean Asli Chaidir memberikan sambutan dalam pertemuan bulan MKKS SMP Swasta se-Kota Padang, Rabu (6/12) di Padang. (ist)

Padang, Analisakini.id-Guru berperan penting dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.  Berandil besar dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang handal. Karena itu tidak ada alasan untuk memberikan perhatian khusus atau reward kepada guru.

"Dari seorang guru lahir seorang Presiden. Lahir seorang menteri, gubernur dan pejabat negara lainnya. Fakta ini tidak bisa dibantahkan. Guru adalah pahlawan tanpa jasa yang semboyan ini familiar sejak lama,  seharusnya adalah guru pahlawan sangat berjasa," kata tokoh muda PAN Sumbar H. Dean Asli Chaidir, S.Ip dalam rangka Pertemuan Bulanan MKKS SMP Swasta se-Kota Padang, Rabu (6/12/2023) di Padang.

Anak muda ulet dan gigih ini, diundang dalam acara itu untuk menyampaikan materi. Pengalaman Dean dalam melokani usahanya dam organisasi sosial/olahraga yang dipimpinnya, disampaikan kepada peserta. Bisa tampil dan memberikan materi, semua disadari atas peran dan binaan guru. Tanpa didikan guru, mustahil, Dean  bisa berbagi cerita dan pengalaman.

Guru memiliki peran penting dalam membangun karakter, membimbing, serta memberikan ilmu pengetahuan."Guru bukan sekadar sosok yang memberikan pelajaran di kelas, tetapi juga sebagai pembimbing yang melangkah bersama siswa, dalam perjalanan panjang menuju ilmu pengetahun dan kebijakan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Dean mencontohkan, pasca pengeboman di Hirosima kala itu Agustus 1945. Kaisar Jepang mengumpulkan rakyat dan menanyakan berapa jumlah guru yang masih ada. Kemudian Jepang yang luluh lantak oleh bom dapat cepat bangkit, sebab peran besar para guru yang tersisa.

"Kita juga melihat sejarah bangsa kita, peran guru sangat luar biasa. Bahkan, mayoritas pejuang dan pahlawan Indonesia, merupakan orang-orang yang mengenal dan mempunyai pendidikan yang tinggi," jelas dia.

Dalam pertemuan dengan tema mewujudkan siswa berkarakter melalui kecerdasan spritual Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMP Adabiah bersama Anggota DPRD Sumbar, H. Maigus Nasir, Ketua MKKS Padang M. Fikar Datuak Rajo Magek, Dean menyampaikan jangan sekali-kali melupakan guru.

Juga banyak hal yang dibicarakan dan masukkan- masukkan dari peserta. Pertemuan bulanan para kepala sekolah swasta se-Kota Padang ini dalam rangka memajukan dan perbaikan nantinya untuk sekolah - sekolah swasta di Padang.

Dalam kegiatan ini diisi seruan dari para peserta,"Hidup Guru,  hidup Guru. Ini mengisyaratkan begitu semangatnya para guru. "Saya atas nama pribadi, dan juga atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih atas dedikasi, atas kontribusi para guru dalam mendidik generasi muda serta semangat para guru dalam mencetak generasi penerus bangsa," kata Dean. (ef)







Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved