arrow_upward

Gunung Marapi Erupsi, Mengeluarkan Debu Hitam

Minggu, 03 Desember 2023 : 16.35

 


AGAM, ANALISAKINI.ID—Gunung Marapi yang dibalut kabut, tiba-tiba saja erupsi pada Minggu (03/12/2023), sekitar pukul 14.54 WIB.


Terdengar gemuruh keras, dan asap bak cendawan raksasa berwarna hitam pun membubung ke angkasa.


Bahkan awan tersebut membawa butiran pasir dan batu kecil dalam debu yang kemudian hinggap di areal lahan sekitar Marapi dimaksud.  


Warga sekitar berlarian ke luar rumah. Melihat kejadian tersebut.


“Kami sedang mengadakan acara di sekitar Lasi. Tiba-tiba terdengan gemuruh hebat. Kencang terdengar. Dan ternyata Marapi lagi erupsi,” sebut Mas, seorang warga di sana, kemarin.


Gunung yang terletak di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar itu, memang sering ‘batuk-batuk’ dan mengeluarkan asap, tapi kali ini menurut warga, agak besar dari biasanya.

“Mudah-mudahan tidak ada kejadian yang mengkhawatirkan lagi,” sebutnya.


Sementara Petugas Pengamat Gunung Marapi di sana, masih mengumpulkan data erupsi dimaksud. Namun erupsi memang terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara sekitar 4 menit 41 detik.


Saat ini, berdasarkan data KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Marapi, menyebutkan Marapi berada pada level II (Waspada). Masyarakat di sekitar Marapi, termasuk pengunjung/wisatawan, tidak diperbolehkan mendaki radius 3 Km dari kawah/puncak. (n)

 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved