arrow_upward

DIIKUTI 905 PELAJAR, SDIT Dar El-Iman Padang Juara Umum Lomba OMDI ke-5 tingkat Sumbar

Senin, 20 November 2023 : 20.00


Inilah para pemenang lomba OMDI ke-5 tingkat Sumbar dan mengantarkan tim dari SDIT Dar El-Iman Padang sebagai juara umum.(ist)

Padang, Analisakini.id-SDIT Dar El-Iman Padang berhasil meraih Juara Umum pada Lomba Olimpiade Matematika, IPA, IPA, PAI (OMDI) Ke-5 tingkat SD/MI se-Sumatera Barat, yang digelar oleh Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MTsN Padang Panjang. Acara OMDI 2023 berlangsung di kampus MTsN Padang Panjang, Sabtu (18/11).

Lomba OMDI kali ini diikuti 905 peserta yang terdiri atas dua babak yakni babak penyisihan yang dilaksanakan pagi, babak final yang dilaksanakan pada sore hari dengan mengikuti empat cabang mata lomba Matematika, IPA, IPA, PAI. 

Untuk peserta lomba Matematika tercatat 290 peserta, IPA 284, IPS 120 orang dan PAI 211 peserta. 

SDIT Dar El-Iman Padang berhasil memperoleh dua juara I, sehingga dinyatakan sebagai juara umum dan berhak membawa piala bergilir serta uang pembinaan.

Pada mata lomba matematika yang diikuti 290 peserta SD/MI se-Sumbar tersebut. Juara I diraih oleh Alya Balqis Marseliano dari SDIT Dar El-Iman Padang. Juara II diraih oleh Tristan Alvaro Azzami dari SD Islam Al-Islah Bukittinggi, Juara III diraih oleh Almahyra Dhaufa Idris dari MIN Bukittinggi. 

Sementara pada mata lomba IPA yang diikuti 284 peserta, Juara I diraih oleh Bhima Mahani Nugraha dari SDIT Almadany Padang, Juara II diraih oleh Aquila Salwa Abilia dari SD Qur’an Arrisalah Padang, Juara III diraih oleh Devania Griselda Orlin dari MIN Bukittinggi.

Kemudian untuk mata lomba IPS yang diikuti oleh 120 peserta itu, Juara I diraih Assyifa El Gushanela dari SDIT Juara Padang Panjang, Juara II diraih oleh Wafi AlBaihaqi dari SDS Muhammadiyah Fulday Sarilamak dan Juara III diraih oleh Alatiqah Nindira Andri dari SDIT Cahaya Makkah.

Pada mata lomba PAI yang diikuti oleh 211 peserta ini, Juara I diraih oleh Aisyah Dazkiyah dari SDIT Dar El Iman Padang. 

Juara II diraih Firzana Husna Kamila dari SDIT Ma’Arif Padang Panjang, Juara III diraih Aisha Azda Kamilah dari SDIT Quratta’yum Batusangkar.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakanmenag) Padang Panjang H. Alizar Chan menyampaikan apresiasi atas kegiatan OMDI Ke-5 ini. 

Ia memuji usaha dan kerja keras panitia dari OSIM bersama pihak sekolah yang mampu mendatangkan 905 peserta dari berbagai sekolah SD/MI di Sumatera Barat. 

“Ini sangat luar biasa, panitia dan pihak sekolah MTsN Padang Panjang bisa mengundang peserta yang begitu banyak mencapai 905 orang. Ini ajang bergengsi yang bisa mengharumkan nama MTsN Padang Panjang” kata Alizar sembari berharap ditahun depan acara OMDI ini tetap digelar dengan mengundang lebih banyak peserta lagi.

Sementara itu, Kepala MTsN Padang Panjang Firmawati Anwar, M.Pd menyampaikan terima kasih kepada panitia dan seluruh majelis guru dan karyawan yang secara kompak saling bahu-membahu mengangkat acara ini. 

Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Sumbar 2022 ini, mengatakan acara OMDI ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan setiap tahunnya.

“Lomba OMDI ini adalah agenda tahunan yang diadakan untuk mengukur kemampuan dan prestasi pelajar SD/MI dalam bidang mata pelajaran Matematika, IPA, IPS dan PAI. Di samping untuk mencari bibit calon yang akan masuk ke sekolah MTsN Padang Panjang sebagai siswa undangan” ujar Firmawati Anwar.

Senada dengan itu, Ketua Komite MTsN Padang Panjang, M. Nur Idris, menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara OMDI ke-5 ini. 

Tak lupa ia juga menyampaikan terima kasih kepada para pembimbing sekolah dan peserta SD/MI se-Sumatera Barat yang sudah berprestasi ikut dalam lomba OMDI Ke-5 ini. 

“Kami ikut senang dengan acara yang diadakan oleh OSIM dan jajaran MTsN Padang Panjang. Kami pengurus komite berjanji akan mendukung acara semacam ini ditahun-tahun selanjutnya” ujar M. Nur Idris didampingi Bendahara Komite Yeni Hernida.

Acara lomba OMDI Ke-5 kali ini berlangsung istimewa, karena di sela-sela pelaksanaan lomba panitia pelaksana menampilkan berbagai hiburan kesenian berupa tari-tarian dan lagu yang dibawakan oleh pelajar MTsN Padang Panjang, yang menghibur peserta dan pendamping sekolah.

Selain itu, di sekitar lokasi juga digelar bazar yang menampilkan menu makanan dan makanan ringan yang dijual oleh pengurus OSIM bekerjasama dengan pelajar lainnya. 

Khusus manu makanan dibuat oleh pelajar MTsN Padang Panjang antara lain nasi rendang, lamang tapai, lamang sarikayo serta makanan ringan lainnya. (do)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved