arrow_upward

Siswa SMPN 6 Padang Studi Edukatif ke DPRD Sumbar, Suwirpen: Jangan Alergi dengan Politik

Jumat, 27 Oktober 2023 : 19.54

 

Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib dan Sekwan Raflis, foto bersama rombongan SMPN 6 Kota Padang, saat mengunjungi DPRD Sumbar, Jumat (27/10/2023). (humasdprdsb) 


PADANG, ANALISAKINI.ID--Ratusan siswa SMPN 6 Kota Padang didampingi sejumlah guru melakukan kunjungan ke DPRD Provinsi Sumatera Barat dalam rangka studi edukatif mekanisme kerja DPRD, Jum'at (27/10/2023)

Kedatangan mereka disambut Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib didampingi Sekretaris DPRD Raflis dan Kasubag Darul Idris, bertempat di Ruang Khusus 1.

Pada kesempatan tersebut Suwirpen Suib mengapresiasi kepala sekolah dan guru SMPN 6 Kota Padang yang telah berinisiatif mendatangkan siswanya ke DPRD Sumbar.

Suwirpen menilai kegiatan-kegiatan seperti ini sangat bagus untuk mendukung program kurikulum merdeka belajar. Selain itu juga untuk memberikan pemahaman politik kepada para siswa dan tata cara berdemokrasi yang baik.

Dia menjelaskan kepada para siswa bagaimana kiat menjadi orang sukses dan berguna bagi keluarga dan masyarakat.

"Jadi, ananda sekalian kalau kita ingin menjadi orang sukses, pertama kita harus disiplin. Kalau kita disiplin, maka ilmu yang kita pelajari akan mudah diserap," kata Suwirpen.

Kemudian lanjutnya, kalau ingin sukses harus rajin. Mau bekerja keras dan pantang menyerah.

"Ananda sekalian harus rajin, mulai dari sekarang latihlah diri kalian untuk tidak bermalas-malasan. Kalau gagal, coba lagi. Jangan mudah menyerah," ujar politisi Partai Demokrat yang akan maju ke DPR RI pada Pemilu 2024 nanti.

Suwirpen menambahkan, DPRD merupakan lembaga yang mempunyai tugas mengawasi kinerja pemerintah, membuat Peraturan Daerah dan menyusun anggaran.

"Anak-anak sekalian adalah harapan kita nantinya untuk memimpin bangsa. Maka dari itu, sejak dari sekolah inilah mereka diberi pemahaman politik melalui kegiatan studi edukatif seperti ini," terang Suwirpen.

Suwirpen Suib mengingatkan kepada para siswa, kemajuan sebuah negara ditentukan oleh kebijakan politik, baik itu di tingkat daerah maupun nasional.

"Jadi kami imbau kepada anak-anak, jangan anggap politik itu tidak baik bahkan alergi dengan politik. Karena, kalau kita ingin membuat daerah atau negara kita ini maju, kita harus terjun ke dunia politik," ujarnya.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Suwirpen juga memberikan pertanyaan kepada para siswa, dan bagi yang berani dan berhasil menjawab, siswa tersebut diberi hadiah.

Kepala SMPN 6 Kota Padang diwakili Wakil Kepala Sekolah, Serly Andila mengucapkan terima kasih kepada Suwirpen Suib dan Sekwan Raflis, yang telah bersedia menerima kedatangan dan memberikan pengetahuan tentang tugas dan wewenang lembaga DPRD kepada para siswa.

"Semoga kegiatan studi edukatif ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa kami," kata Serly. (n-r)

 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved