arrow_upward

Wakil Ketua DPRD Suwirpen Apresiasi Festival Mars Sumbar

Kamis, 28 September 2023 : 17.54

 

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib, menyerahkan piala dan hadiah pada pemenang lomba vocal grup Festival Mars Sumbar yang dilaksanakan JPS, Kamis (28/9/2023) di Gedung Youth Centre, Padang. (ist)


PADANG, ANALISAKINI.ID--Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib, mengapresiasi positif Festival Mars Sumbar 2023 yang dilaksanakan JPS (Jaringan Pemred Sumbar). Festival tersebut akan sangat membantu penyebarluasan mars tersebut di tengah masyarakat. 

"Mars Sumbar ini sudah ada dua tahun. Tapi kita akui masih belum banyak masyarakat yang tahu. Festival yang dilaksanakan JPS ini sangat membantu pemerintah dalam menyosialisasikan mars tersebut," ujar Suwirpen saat menghadiri penutupan festival tersebut, Kamis (28/9/2023) di Gedung Youth Centre, Padang.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan grand final dan pengumuman perlombaan vocal grup Mars Sumbar tingkat SLTA se-Sumbar.

Pada acara itu, hadir pula Anggota DPD RI Leonardy Harmaini dan Anggota DPRD Sumbar, M. Nurnas dan Rahmat Saleh. Ikut hadir, kader Nasdem, M. Tauhid dan Ketua LPM Kampung Lapai, Sonny Affandi.  

Suwirpen juga mengapresiasi para siswa yang telah mengikuti perlombaan vocal Grup Mars Sumbar yang menjadi salah satu rangkaian acara festival tersebut. Menurutnya, kalah dan menang tak perlu terlalu dimasukkan ke dalam hati, terpenting adalah sudah berusaha mengikuti perlombaan tersebut dengan optimal. Pada mereka Suwirpen juga mengapresiasi karena telah ikut menyosialisasikan Mars Sumbar. 

Ia menambahkan, lagu Mars Sumbar merupakan sebuah simbol daerah yang menumbuhkan semangat kebersamaan, kegotong-royongan, keselarasan kebudayaan dengan rasa cinta terhadap daerah dan tanah air. 

Mars Sumbar ini telah ditetapkan sejak Tahun 2022 dengan penetapan peraturan daerah (Perda) yang mengaturnya. Mars ini diamanatkan untuk dinyanyikan pada setiap kegiatan resmi seluruh pemerintah daerah di provinsi ini. 

Lagu Mars Sumbar, lanjut Suwirpen, merupakan karya dari maestro Sumbar, B. Andoeska. Pencipataan lirik dan musiknya dilatarbelakangi potensi budaya, potensi sumber daya manusia dan adat istiadat yang merupakan nilai-nilai kesatuan masyarakat Sumbar.

"Dengan diadakannya Festival Mars Sumbar oleh JPS Sumbar, diharapkan bisa lebih membumikan lagu resmi tersebut hingga ke kalangan remaja. Sehingga akan semakin tumbuh rasa cinta kedaerahan pada generasi muda," katanya lagi. 

Menurut Suwirpen, pada era globalisasi saat ini tantangan untuk membentuk generasi muda yang memiliki rasa kebanggaan kepada daerah sangat berat. Hal ini salah satunya karena perkembangan teknologi yang sangat pesat. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Suwirpen menilai amat perlu peran serta seluruh elemen masyarakat untuk membentengi generasi muda dari budaya luar yang menyebabkan hilangnya rasa cinta kedaerahan.

Untuk terhindar dari hal-hal negatif yang berkembang di tengah masyarakat, seperti narkotika hingga pergaulan bebas, dia menilai perlu diadakan lomba-lomba sebagai wadah untuk menampung bakat-bakat generasi muda, sehingga semakin banyak kegiatan positif yang bisa menjauhi generasi muda dari hal-hal negatif. 

Untuk diketahui, kegiatan Festival Mars Sumbar dilaksanakan JPS untuk ikut menyemarakkan Hari Jadi Sumbar yakni pada 1 Oktober mendatang. 

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan perdana JPS dalam rangka memperingati Hari Jadi Sumbar ke-78 ini," ujar Ketua JPS, Adrian Tuswandi. (n-rel-tt)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved