arrow_upward

Nevi Zuairina Dukung PKS Agam Menggelar Pelatihan Terpadu Mahir Qasidah Rebana

Selasa, 26 September 2023 : 10.53
Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Hj. Nevi Zuairina bersama pengurus dan kader PKS Agam.

Agam, Analisakini.id-  Anggota Komisi VI DPR Hj. Nevi Zuairina mendukung pelestarian kesenian dan syiar islam berupa Pelatihan Terpadu Mahir Qasidah Rebana yang digelar oleh DPD PKS Kabupaten Agam bekerjasama dengan Bidang Seni Budaya DPW PKS Sumbar.

Menurut Nevi, gelaran seni budaya itu adalah langkah yang baik untuk melestarikan kesenian dan syiar Islam, serta memperkuat ukhuwah Islamiyah. Pelatihan Terpadu Mahir Qasidah Rebana dapat menjadi sarana yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut. 

“Beberapa manfaat dari kegiatan seperti ini bisa mencakup Pelestarian Kesenian Islami, Penguatan Syiar Islam, Penguatan Ukhuwah Islamiyah, Pengembangan Bakat, Peningkatan Kualitas Acara Keagamaan, Pengenalan Budaya Islami dan Pemberdayaan Masyarakat,” urai Nevi.

Legislator asal Sumatera Barat II ini menjabarkan, Qasidah adalah bentuk seni Islam yang kaya dengan nilai-nilai agama dan budaya. Melalui pelatihan ini, kesenian ini dapat dijaga agar tidak punah dan terus berkembang. Ia melanjutkan, bahwa Qasidah juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk menyebarkan pesan-pesan agama Islam. Dengan meningkatkan keterampilan dalam menyanyikan qasidah, peserta dapat menjadi duta syiar Islam yang lebih baik.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Nasional PKS Menyapa,  dalam hal ini menyapa ibu-ibu Majelis Taklim dan pecinta kesenian Islam Qasidah Rebana. Saya berharap, Kegiatan seperti ini dapat membantu membangun ikatan dan persahabatan antar-anggota PKS dan komunitas Muslim lainnya. Ini menciptakan rasa ukhuwah Islamiyah yang lebih kuat dan dapat menggerakkan lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan Islami.

Politisi PKS ini mengarahkan, agar pelatihan ini juga memberikan kesempatan kepada individu untuk mengembangkan bakat seni mereka. Mereka dapat belajar bagaimana bernyanyi dengan baik, memahami makna dari qasidah yang mereka bawakan, dan meningkatkan kemampuan mereka dalam seni ini. Dengan adanya individu yang terlatih dalam qasidah, acara-acara keagamaan seperti pernikahan, peringatan Maulid Nabi, atau perayaan keagamaan lainnya dapat diperkaya dengan penampilan qasidah yang berkualitas.

“Qasidah juga mencerminkan bagian dari budaya Islami. Ini adalah cara yang baik untuk memperkenalkan budaya Islami kepada generasi muda dan orang-orang di luar komunitas Muslim,” tegas Nevi.

Pelatihan Terpadu Mahir Qasidah Rebana ini diikuti oleh 100 peserta. Materi yang diberikan antara lain tentang pemahaman teori menggunakan alat musik, menyanyi dan bagaimana menampilkan  performance yang berkesan. Bertempat di Aula Utama Kantor DPD PKS Agam, kegiatan Pelatihan ini sangat diapresiasi oleh Anggota DPR RI Fraksi PKS Dapil Sumbar 2, Hj Nevi Zuairina. 

“Semoga pelatihan ini berhasil dan memberikan manfaat yang besar bagi PKS Kabupaten Agam dan masyarakat yang terlibat dalam upaya ini untuk melestarikan seni, syiar Islam, dan ukhuwah Islamiyah,” tutup Nevi Zuairina. (*)








Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved