arrow_upward

Perahu Pecah Dihantam Gelombang, Empat Nelayan Selamat

Senin, 14 Agustus 2023 : 18.18

 

Nelayan tengah mengangkat bangkai perahu yang pecah dihantam gelombang di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Senin (14/08/2023). (ist)


PARIAMAN, ANALISAKINI.ID--Cuaca ekstrem. Empat nelayan di Pariaman nyaris jadi korban. Keempat korban yang perahunya terbalik dan pecah dihantam gelombang tersebut, berhasil dievakuasi. Namun, satu di antaranya terpaksa dilarikan ke rumah sakit. 

Peristiwa cukup dramatis itu terjadi, Senin (14/08/2023) pagi, sekitar pukul 09.00 Wib di perairan Pariaman. 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pariaman, Azman, menyebutkan bahwa keempat korban turun ke laut sehabis subuh. Tiba-tiba saja, pada saat lagi asyik-asyiknya menangkap ikan, datang angin kencang dan kemudian disusul gelombang tinggi. 

Ada dua perahu. Satu perahu dua nelayan. Kedua perahu terombang-ambing dan kemudian satu di antaranya terbalik dan pecah. 

Kejadian yang menimpa nelayan dari Pasie Pauah, Kecamatan Pariaman Tengah itu, terlihat oleh masyarakat yang berada di bibir pantai. Dan, hal itu mereka laporkan ke pihak BPBD dan Kepolisian. 

Hanya berselang beberapa saat, petugas dari BPBD dan Polres Pariaman sampai di lokasi, Pantai Gandoriah. Sayang, upaya penyelamatan terhadap keempat nelayan yang terombang-ambing sekitar 500 meter ke tengah laut itu sempat terkendala cuaca. 

Adapun nelayan  dalam kejadian tersebut adalah Oyon (50), Jangguik (60), Andi  (30) dan Nas (44). Ke empat nelayan yang terombang ambing di laut ini berhasil diselamatkan oleh TRC BPBD Kota Pariaman.  

“Hanya satu orang harus dibawa ke rumah sakit,  karena kondisinya lemas," terang Azman.

Zainal, salah seorang warga yang melihat kejadian itu menyebutkan bahwa angin sangat kencang dan gelombang tiba-tiba juga sangat tinggi. "Jadi, cukup sulit membantu mereka," katanya. 

Zainal memujikan upaya petugas dalam penyelamatan keempat nelayan tersebut. "Mereka luar biasa. Bisa selamat dalam peristiwa yang sangat dramatist itu," ujarnya. (n-man-gus)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved