arrow_upward

HAZIRMAN PEMENANG PERTAMA Hendra Irwan Rahim : Lomba Pidato, Wahana Membumikan Nilai-nilai Koperasi

Jumat, 04 Agustus 2023 : 09.20
Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim, Kadiskop dan UKM Sumbar Endrizal, dan para pengurus Dekopinwil Sumbar saat pembukaan lomba pidato. (ist).

Padang, Analisakini.id-Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim menegaskan, lomba pidato soal perkoperasian antar pengurus koperasi se-Sumbar adalah wahana untuk membumikan nilai-nilai koperasi di ranah minang dan bumi pertiwi. Sangat perlu dibumikan agar nilai-nilai yang dikandung dalam koperasi terimplementasi. 

"Tentu bisa terlaksana, jika kita paham akan seluk beluk koperasi, dan nilai-nilai yang dikandungnya. Apalagi sejarah membuktikan, koperasi adalah soko guru perekonomian yang sukses bertahan dalam terpaan krisis ekonomi pada 1998," kata Hendra Irwan Rahim saat pembukaan lomba pidato antar pengurus koperasi, Kamis (3/8) di aula Dekopinwil Sumbar, Padang.

Disebutkan, kondisi saat ini tidak ditampik nilai-nilai koperasi mulai berkurang apalagi pemahaman soal koperasi. Hal ini salah satunya, karena dalam proses belajar mengajar di sekolah, materi ini hanya sekadarnya saja. Makanya Dekopinwil Sumbar bersama Dekopinda kabupaten/kota se-Sumbar berharap kepada pemerintah daerah, agar pengenalan koperasi ini menjadi perhatian khusus di sekolah.

Lagi pula, sambungnya, Bapak Koperasi Indonesia adalah Bung Hatta, proklamator yang juga putra terbaik Ranah Minang. Dan tentu gagasan dan komitmen Bung Hatta menjadikan koperasi sebagai sokoguru perekonomian dan terimplimentasi utuh di lapangan, perlu dimasifkan. Salah satunya, lewat lomba pidato.

Ditambahkan oleh Sekretaris Dekopimwil Sumbar, Syafrizal lomba pidato tentang koperasi ini diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 yang dipusatkan di Sumbar.  Bahkan sebelumnya juga diadakan lomba cerdas cermat tentang koperasi tingkat SLTA se-Sumbar.

Peserta lomba pidato tentang koperasi. (ist).

Gubernur Sumbar diwakili Kadis Koperasi dan UKM Endrizal menjelaskan, pelaksanaan Harkopnas di Sumbar, sukses bahkan mendapat pujian dari peserta luar Sumbar. Dan lomba pidato soal koperasi ini, adalah bagian rangkaian Harkopnas. 

"Sukses dan dipuji tamu. Kegiatan-kegiatan yang diadakan untuk menyukseskan Harkopnas, mulai seminar, jalan santai, puncak peringatan yang salah satunya ditandai dengan diberikan penghargaan kepada tokoh peduli koperasi hingga berbagai lomba. Semoga Bapak Koperasi Indonesia,  Bung Hatta tersenyum," jelasnya.(ef).

Ada pun tampil sebagai pemenang lomba pidato yang diikuti 17 orang 

perwakilan 17 kabupaten/kota, 2 daerah absen, adalah Hazirman dari Kota Padang sebagai pemenang pertama. Berikutnya, Jefri Naldi dari Payakumbuh (pemenang 2), Fajri Ainudin dari Bukittinggi (pemenang 3), Rika Maria dari Tanah Datar (harapan 1), Roki Ade Deswan dari Kota Solok (harapan 2) dan Yandri Mustafa dari Dharmasraya (harapan 3). (ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved