arrow_upward

Tujuh Provinsi Bakal Hadiri Festival Silek di Payakumbuh, Acaranya Dimulai 31 Juli 2023

Jumat, 21 Juli 2023 : 16.18

 


Pertemuan Ketua DPRD Sumbar, Supardi, dengan tuo silek di Payakumbuh baru-baru ini. (ist)


PAYAKUMBUH, ANALISAKINI.ID--Sumatera Barat akan kedatangan tamu dari tujuh provinsi yang akan mengikuti acara Festival Silat Tradisi Nusantara di Payakumbuh. Perhelatan ini akan diadakan 31 Juli hingga Agustus 2023 mendatang. 

Tercatat beberapa provinsi yang akan hadir, yakni Kepulauan Riau, Riau, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan beberapa daerah lainnya.  

“Ya, Musyawarah Tuo Silek (MTS) tahun lalu memutuskan untuk memperbanyak program yang berkaitan dengan tradisi. Saya menjalankan amanat itu,” ujar Supardi, Ketua DPRD Sumatera Barat.

Ia juga mengatakan, program ini merupakan gabungan silat tradisi yang ada di Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan silek yang ada di tengah masyarakat.

“Dengan begitu akan terjadi saling ‘lirik', apakah ada trik silek yang bisa dibagikan untuk silat prestasi atau sebaliknya,” tambah Supardi yang juga merupakan Ketua IPSI Sumbar.

Festival silek ini nantinya terdiri dari dua kategori, yakni kategori berpasangan dan tradisi. Berpasangan terkhusus untuk putra atau putri remaja. Sedangkan silek tradisi akan menampilkan kekayaan silek yang belum muncul selama ini.

Sementara, kurator festival tersebut, Zuari Abdulllah mengatakan, festival ini juga bertujuan untuk mencari variasi silek lain yang masih hidup di tengah masyarakat,  misalnya rantai api. 

"Atau malah kami saat berkeliling Sumbar mendengar ada Silek Karo. Memang keranya yang bersilat. Menurut orang yang sempat menyaksikan, simpia-nya tak kalah halus dengan manusia,” sebutnya.

Menurut rencana, acara pembukaan festival akan berlangsung sejak sore. Akan ada pawai keliling Kota Payakumbuh. 

“Ini untuk mengabarkan, ada helat penting di Payakumbuh,” ujar Ketua Panitia Sexri Budiman.

Sexri mengatakan, kegiatan festival lomba silat berpasangan akan digelar pada pagi hari, sedangkan pertunjukan pada malam hari. “Akan ada banyak atraksi menarik dari Sumbar dan tujuh provinsi lainnya. Kami menunggu masyarakat Sumbar datang menyaksikan,” tambahnya. (tt)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved