arrow_upward

IKUTI VERIFIKASI LANJUTAN, Padang Incar Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara 2023

Rabu, 19 Juli 2023 : 09.18
Walikota Padang Hendri Septa memaparkan presentasi terkait dokumen keberhasilan dan penyelenggaraan Kota Sehat di Padang, di hadapan Tim Verifikator Pusat Penilaian KKS 2023. (humas).

Padang, Analisakini.id-Masuk nominasi peraih penghargaan Swasti Saba Wistara dalam program Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat Nasional 2023, Padang, Senin (17/7/2023), mengikuti verifikasi lanjutan secara virtual hybrid bersama Tim Verifikator Pusat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Walikota Padang Hendri Septa hadir langsung bersama Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Padang Rukayah Anwar disertai perwakilan pimpinan OPD dan stakeholder terkait lainnya mengikuti kegiatan tersebut secara virtual dari Ruang Abu Bakar Ja'ar, Kantor Balaikota Padang Aie Pacah.

Di hadapan Tim Verifikator Pusat Penilaian KKS 2023,  Walikota Padang memaparkan presentasi terkait dokumen keberhasilan dan penyelenggaraan Kota Sehat di Padang. 

Sebagaimana diketahui, berdasarkan hasil penilaian verifikasi sementara dari Tim Pembina Kota Sehat Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) capaian Tatanan Kota Padang di atas rata-rata yakni sebesar 95,45 persen. 

"Ada sembilan tatanan yang menjadi penilaian. Diantaranya Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Tatanan Permukiman dan Fasilitas Umum, Tatanan Satuan Pendidikan, Tatanan Pasar, Tatanan Pariwisata serta Tatanan Perkantoran dan Perindustrian. Selanjutnya Tatanan Transportasi dan Tertib Lalu Lintas Jalan, Tatanan Perlindungan Sosial dan Tatanan Pencegahan dan Penanganan Bencana," papar Wako Hendri Septa.

"Alhamdulillah, kita mampu memenuhi kesembilan tatanan itu dengan baik sehingga masuk nominasi dari sembilan kabupaten/kota di Sumbar yang lolos seleksi Kota Sehat untuk menerima penghargaan Kota Sehat kategori Swasti Saba Wistara. Kategori ini tertinggi dalam ajang yang dilangsungkan setiap dua tahun sekali tersebut," ungkap Wako.

Selanjutnya orang nomor satu di Padang membeberkan, untuk capaian pembinaan penyelenggaraan Kota Sehat di Padang seluruh Kecamatan yang ada di Padang sudah menyelenggarakan KKS dan sudah menyusun dokumen rencana kerja dari sembilan tatanan KKS. 

Kota Padang menurut Wako, sudah pernah meraih penghargaan Kategori Swasti Saba Wistara pada tahun 2017 lalu. Sebagaimana untuk mencapai penghargaan KKS kategori tertinggi ini jumlah Desa/Kelurahan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) Open Defecation Free (ODF) harus mencapai minimal 100%.

"Kecamatan yang terverifikasi sebagai Kecamatan sehat dibuktikan dengan adanya SK Forum Komunikasi Kecamatan Sehat  dan rencana kerja dari Kecamatan Sehat serta data dukung pelaksanaan kegiatan yang dikirimkan kepada Tim Pembina Kota dan telah diverifikasi oleh Tim Pembina Kota."

"Kita berterimakasih kepada masyarakat, Dinas Kesehatan dan OPD terkait, Forum Kota Sehat serta para anggota DPRD dan stakeholder terkait lainnya yang terus mendukung penuh upaya peningkatan kesehatan selama ini di Padang. Semoga Kota Padang meraih kembali penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara di tahun ini,” harap pemimpin Kota Padang itu penuh semangat.

Sementara itu, Ketua FKS Padang Rukayah Anwar menjelaskan, sejak 2003, Padang sudah meraih predikat Kota Sehat dengan penghargaan Swasti Saba Padapa untuk 3 tatanan. Pada 2005 meraih Swasti Saba Wiwerda dengan 5 tatanan, tahun 2007 meraih Swasti Saba Wistara dengan 7 tatanan, tahun 2011 mendapatkan Swasti Saba Wiwerda dengan 4 tatanan, 2013 meraih Swasti Saba Wistara dengan 8 tatanan, kembali mendapatkan yang sama pada 2015 dengan 9 tatanan.

“Tahun 2017 yang lalu Kota Padang meraih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara dengan sembilan tatanan. Semoga untuk tahun 2023 ini kita kembali meraihnya yang diumumkan nanti pada ajang Penganugerahan Swasti Saba KKS 2023," tukas Rukayah. (sw)

 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved