arrow_upward

RS Unand Kini Miliki Bank Darah, Ini Harapan Rektor

Rabu, 14 Juni 2023 : 17.55

Rektor Unand, Prof Yuliandri bersama Dirut RS Unand dan pihak dari PMI meninjau bank darah RS tersebut usai peresmiannya, Rabu (14/6). (wahyu)


Padang, Analisakini.id-Rumah Sakit Universitas Andalas (RS Unand) kini memiliki bank darah setelah unit tersebut resmi diluncurkan Rabu (14/6/2023).

Rektor Unand, Prof Yuliandri pada peluncuran Bank Darah RS Unand mengatakan adanya bank darah ini menjadi semacam unit untuk bisa melakukan proses donor darah hingga penyimpanan.

"Karena belum berstatus unit transfusi darah, setelah proses penyimpanan dan sampai waktunya, lalu kita akan kirim stok darah ke PMI (Palang Merah Indonesia)," kata Yuliandri.

Tersedianya bank darah di RS Unand ini kata rektor juga bisa menghimpun banyak pendonor darah, baik itu dari mahasiswa, dosen dan para civitas akademika.

"Kapan saja bisa donor darah. Apalagi, memang kondisi saat ini kata Dirut RS Unand, kebutuhan darah perhari di Padang mencapai 200 kantong, tentu dengan adanya bank darah ini diharapkan mampu mencukupi kebutuhan darah tersebut," kata Yuliandri.

"Secara prinsip, dengan adanya bank darah di RS Unand, kini tidak perlu jauh-jauh untuk para pendonor untuk mendonorkan darahnya, dan mendonor darah juga tidak hanya pada event-event tertentu saja, setiap hari bisa donor darah," sambungnya.

Rektor juga mengatakan kalau kelengkapan untuk laboratorium di RS Unand kini juga sudah mumpuni. 

Sementara itu, Direktur Utama RS Unand, Yevri Zulfiqar adanya bank darah ini memang sebuah kontribusi pihaknya dalam penyediaan stok darah di Padang.

"Dengan 35 ribu warga kampus, tentu potensi penyediaan stok darah akan mampu memenuhi kebutuhan darah di Padang," katanya.

Menurut dia, bank darah adalah salah satu elemen kunci dalam upaya penyediaan dan distribusi darah yang aman dan berkualitas tinggi. 

Bank darah memainkan peran yang sangat penting dalam menyimpan dan menjaga persediaan darah yang tersedia untuk keperluan medis. Selain itu, bank darah juga memastikan bahwa prosedur donor darah dilakukan dengan aman, termasuk pengujian dan pemrosesan darah yang tepat sebelum digunakan dalam prosedur medis.

Diketahui, peluncuran bank darah RS Unand ini juga digelar dalam rangka peringatan Hari Donor Darah Sedunia. Selain meluncurkan unit tersebut, juga digelar aksi donor darah dan talkshow bertajuk "Give Blood, Give Plasma, Share Life, Share Often".

Dalam talkshow, ada sejumlah narasumber dari RS Unand dan PMI yang bicara soal donor darah. Selain itu, dalam peluncuran juga hadir Mohammad Sofwan Effendi selaku Dewan Pengawas RS Unand. (wy)


 



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved