arrow_upward

M.Fikar Nahkodai Muhammadiyah Padang, Erliwati Asli Chaidir Pimpin Aisyiyah

Minggu, 14 Mei 2023 : 22.18
Hj. Erliwati Asli Chaidir terpilih menjadi Ketua PDA Padang dan M. Fikar, Ketua PDM Padang dalam musda Muhammadiyah -Aisyiyah Kota Padang. Bersama tokoh lainnya seperti Anggota DPR RI Asli Chaidir, anggota DPRD Sumbar Maigus Nasir. 

Padang, Analisakini.id-M. Fikar Dt. Rajo Magek terpilih sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Padang dan Hj. Erliwati Asli Chaidir sebagai Ketua

Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Padang dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke-23 yang digelar di SMK Muhammadiyah 1 Lubeg, Minggu (14/5/2023).

Sebelumnya Fikar yang juga sekretaris Panitia Musda Muhammadiyah-Aisyiyah Padang menerangkan kandidat pimpinan Muhammadiyah itu ada 39 orang.

Dari 39 kandidat itu dipilih 13 formatur yang nantinya juga menjadi pimpinan Muhammadiyah Padang. Fikar menerangkan dalam pemilihan 13 orang formatur itu dilakukan dengan menggunakan e-voting. Pemilihan model e-voting ini, kata dia, sudah menjadi metode pemilihan di Muhammadiyah sejak tujuh tahun lalu.

“Dengan menggunakan e-voting, setiap pemilih membutuhkan waktu hanya dua menit. Dan penghitungannya cepat. Kalau menggunakan konvensional, penghitungannya membutuhkan waktu 3-4 jam karena setiap satu pemilih itu berhak memilih 13 nama calon formatur,” ujar Fikar kepada wartawan.

Dalam pemilihan e-voting itu disiapkan delapan komputer. Nasri Nasir mengatakan awalnya ada 96 nama yang muncul sebagai kandidat pimpinan daerah. Dia mengatakan 96 nama itu dibawa ke Rapimda dan mengerucut menjadi 39 nama calon tetap.

Dari hasil pemilihan, kata Nasri, menghasilkan 13 nama formatur. Eko mengatakan 13 nama formatur itu terdiri atas Agusriadi, M. Fikar, Nasri Nasir, Yul Asril, Ajisril, Habibullah, Sintaro Abe, Zulfarno, Mansur Anwar, Azwir, Maspeq bin Abas, Suar Saleh, Al-Amin, Amrizal Amir dan Syafrizal.

“Dari hasil kesepakatan di 13 anggota formatur dipilih Fikar sebagai Ketua PDM Padang terpilih,” ujar dia.

Sedangkan Ketua PDA Padang Erliwati Asli Chaidir dan Sekretaris Ihda Fitria. Nama Erliwati sudah digadang-gadangkan dari awal menggantikan ketua PDA sebelumnya, Hj. Masni Bujang.

Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA Padang kembali terpilih Rahmatika Pulungan, Sekretaris Afla dan Bendahara Rizka.


Ini Sosok Nakhoda Baru


M. Fikar memegang amanah mengomandoi organisai nagari (Organ) Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX Kuranji peiode 2020-2025.

Dia juga sukses sebagai seorang pengusaha diawali sebagai Direktur Rozy Motor, menjual motor bekas dan sekarang sebagai Direktur Utama PT Sang Surya Utama, yang saat ini sedang membangun Perkampungan Islami Perumahan Sang Surya Utama.

Sosok sebagai panutan masyarakat ini juga diamanahi Ketua Pengurus Masjid Al Hijrah, Blok A Perumnas Belimbing, yang sehari hari aktif dalam kegiatan keagamaan yang sekarang didaulat jadi Sekretaris Dewan Masjid Indonesia Kota Padang.

Sedangkan Hj. Erliwati Asli Chaidir, adalah tokoh perempuan yang sudah lama memimpin kelompok pengajian Ar-Raudah sampa sekarang. Menariknya, anggota kelompok pengajian ini mempunyai anggota lebih 2.000-an orang yang tersebar di 11 kecamatan se-Kota Padang.

Tiap bulan rutin melakukan pengajian dan dua tahun terakhir ditambah dengan pengajian untuk mendalami isi Alquran, terutama bagi anggota pengajian yang ingin mendalami isi kandungan Alquran.

Istri tercinta Asli Chaidir, Anggota DPR ini adalah kader Muhammadiyah. Orang tuanya dididik dari lingkungan Muhammadiyah. Dan saat amanah diberikan kepada Erliwati, tadinya menolak, tapi karena diamanahkan, dia siap menerima amanah itu. "Mohon dukungan semua pihak. Jalannya sebuah organisasi, bukan ditentukan oleh ketua, tapi pengurus dan anggota. Insyaallah bersama kita bisa membawa Aisyisyah ke depan lebih baik lagi," kata ibunda Walikota Padang Hendri Septa ini. (ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved