arrow_upward

Kabarnya Sudah Diteken, Gubernur Masih Menunggu SK Wawako Padang dari Mendagri

Kamis, 04 Mei 2023 : 18.06

 

Doni Rahmat Samulo. (ist)

Padang, Analisakini.id-Hingga kini, Gubernur masih menunggu Surat Keputusan (SK) Mendagri terkait pengangkatan Ekos Albar sebagai Wakil Walikota Padang untuk masa sisa jabatan 2019-2024. 

"Kabarnya memang sudah ditandatangani Mendagri, tapi Pemprov Sumbar menunggu formilnya. Kantor Penghubung Pemprov Sumbar di Jakarta, membantu mengawal SK Wawako tersebut," kata Kabiro Pemerintahan dan Otoda Setdaprov Sumbar Doni Rahmat Samulo, Jumat (4/5/2023).

Doni menjelaskan, berkas Wawako Padang terpilih Ekos Albar disampaikan ke Kemendagri pada 17 April 2023 melalui aplikasi Sistem Informasi Online Layanan Administrasi (SIOLA) Kemendagri.

Menurut dia, tidak ada pengatura berapa SK itu berproses di Kemendagri. Tapi karena memang bertepatan dengan cuti Idul Fitri, maka sedikit agak lama. "Yang jelas kami sedang menunggu formilnya," kata dia.

Sementara itu Ekos Albar dihubungi media lewat tele conference sore ini, Ekos mengatakan tetap menghormati proses dari kelanjutan pengisian kursi kosong wakil walikota (Wawako) Padang.



“Kita tetap menunggu adanya ruang waktu dari Pak Gubernur Sumbar untuk agendakan pelantikan. Kalau SK Mendagri saya dapat informasinya sudah disampaikan ke Pemprov Sumbar,” ujar H Ekos Albar.



Artinya proses panjang pengisian kursi kosong Wakil Walikota Padang terus berprogres, jadi warga Padang tidak perlu meragukanya lagi.


“Syukurlah kalau SK Wawako sudah keluar, semoga segera dilanjutkan ke pelantikan,” ujar Eko seorang warga yang menyaksikan tele conference di Padang.

Sebelumnya Ekos Albar, terpilih sebagai wakil wali kota (Wawako) Padang sisa masa jabatan 2019-2024. Ekos Albar terpilih dalam rapat paripurna istimewa DPRD Padang pada Rabu (5/4) sore.

Dalam pemilihan yang dimulai pukul 16.15 WIB tersebut, Ekos Albar menang telak dengan memperoleh 36 suara. Sedangkan Hendri Susanto yang merupakan calon dari PKS memperoleh 9 suara.

Terpilihnya Ekos Albar sebagai wawako ini maka hal ini memastikan dirinya mendampingi Walikota Hendri Septa di sisa jabatannya.

Usai terpilih, Elkos Albar mengungkapkan bahwa dirinya siap menyukseskan program kerja Walikota Padang ke depan. Ia menyebut siap bersinegi bersama dengan walikota Padang kedepan.

“Tugas saya bersinergi dengan wali kota, saya siap membantu walikota,” ujarnya.

Ia menambahkan, dirinya siap mengabdi di Padang usai pelantikannya sebagai Wawako Padang.  (bm/ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved