arrow_upward

DAFTAR DPD RI, Politisi Senior Hendra Irwan Rahim Siap Perjuangkan Koperasi dan Pemuda

Jumat, 12 Mei 2023 : 14.27

 

Legislator senior Hendra Irwan Rahim serahkan berkas pencalonan sebagai bakal calon Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) ke Kantor KPU Sumbar, Jumat (12/5/2023).  (ist).

Legislator lima periode dari Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Hendra Irwan Rahim saat jumpa pers setelah mendaftar sebagai bakal calon Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) ke Kantor KPU Sumbar, Jumat (12/5/2023).  (ist)

Padang, Analisakini.id-Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Sumbar H. Hendra Irwan Rahim mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPD RI, Jumat (12/5/2023) di kantor KPU Sumbar. Majunya tokoh koperasi sekaligus politisi kawakan ini, memberi angin segar dan spirit bagi dunia koperasi.

"Salah satu alasannya mendaftar sebagai Balon DPD RI karena adanya dorongan dari rekan-rekannya di Dekopinwil Sumbar, Dekopinda kabupaten/kota dan stakeholder perkoperasian untuk memperjuangkan koperasi lebih eksis di Sumbar ,"ujar Hendra Irwan Rahim saat konferensi pers di Kantor KPU Sumbar.

Hendra menjelaskan banyak hal yang perlu diperjuangkan tentang koperasi di Sumbar. Apalagi bapak koperasi Indonesia adalah proklamator Mohammad Hatta yang merupakan tokoh asal Sumbar. Nilai-nilai perjuangan dan semangat koperasi yang ditanamkan Bung Hatta, harus terus dimasifkan. "Bung Hatta harus dibuat tersenyum, "kata Ketua DPRD Sumbar periode 2014-2019 ini.

Dalam kesempatan tersebut, pria bertubuh tinggi besar itu menjelaskan saat ini perhatian terhadap koperasi semakin menurun, sedangkan menurutnya secara Undang-undang, koperasi punya ruang dan peran yang besar. Berdasarkan sejarah, koperasi terbukti tangguh saat krisis ekonomi melanda negeri ini.

"Ini yang kita harapkan bisa ada wakil di DPD untuk memperjuangkan suara masyarakat koperasi. Bagaimana koperasi ini berperan sesuai aturan," imbuh dia.

Hendra melanjutkan, sesuai Undang-undang, menurutnya koperasi punya kedudukan yang sama PT, CV dan bahkan sejajar dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), tapi dalam pelaksanaannya koperasi dipandang sebelah mata.

Hendra Irwan Rahim bersama para pengurus Dekopin dan tokoh koperasi. (ist).

"Kalau kita jujur melihat di bidang ekonomi ini, koperasi seperti dianak tiri kan, sedangkan keuntungan koperasi dari usaha-usaha itu dinikmati oleh orang banyak, bukan dinikmati pribadi," tambahnya.

Dia menyampaikan, sebelumnya Hendra duduk sebagai anggota dewan di DPRD Sumbar selama lima periode. Sejak 1997 sampai sekarang. Hanya periode 2009-2014, absen.

Hendra pernah memimpin Partai Golkar Sumbar dua periode. Sejak muda sudah  beroganisasi, menjadi Ketua KNPI Sumbar.

Dengan berbagai pengalamannya itu, permasalahan Sumbar secara umum dirasa cukup ia ketahui. Sumbar daerah yang miskin di banding daerah lain, ke depan perhatian pusat harus lebih menonjol untuk Sumbar. (ef)



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved