arrow_upward

Sumbar Bertekad Sukseskan Harkopnas di Tanah Kelahiran Bung Hatta

Senin, 17 April 2023 : 11.59
Dr. Endrizal.


Padang, Analisakini.id-Sumbar ditunjuk sebagai tuanrumah pelaksanaan peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) pada Juli nanti. Pemprov Sumbar, Dekopinwil Sumbar dan stakeholder perkoperasian bertekad menyukseskan acara nasional itu.

"Harus kita sukseskan. Semua kita diminta berkolaborasi dan sinergi menyukseskannya. Bangsa kita kalau Harkopnas di tanah kelahiran Bung Hatta, sukses, meriah dan dikenang," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Dr. Endrizal dalam acara berbuka puasa bersama pengurus Dekopinwil Sumbar, Minggu (16/4/2023).

Endrizal yang baru dilantik pada 3 April 2023 mengaku agak grogi berpidato di hadapan pengurus Dekopinwil Sumbar. Soalnya banyak orang hebat ternyata. Dua tokoh yang membina Endrizal dalam jenjang karir kepegawaian ada di Dekopinwil. Asnel mantan Sekdako Padang dan Syafirman mantan Sekdakab Agam. Endrizal sebelum bertugas di Pemko Padang, mengabdi di Pemkab Agam.

Hendra Irwan Rahim.

"Ada Pak Zirma Yusri, mantan Kadis Koperasi dan UKM Sumbar, ada Wahyu Iramana Putra, mantan Wakil Ketua DPRD Padang, ada Pak Mirwan Pulungan dan tentunya selain Ketua Uda Hendra Irwan Rahim, juga Zarfideson dan Ismunadi Syofyan, anggota DPRD Sumbar, tokoh wanita Endarmy dan lainnya,  Jadi kami juga butuh masukan dan saran demi tujuan kita bersama memajukan perkoperasian dan UKM," terangnya.

Endrizal juga menegaskan, meski baru, dia langsung tancap gas bekerja apalagi alek besar menanti. Sumbar tuan rumah Harkopnas. Dirinya bertekad Sumbar harus sukses selenggarakan Harkopnas. Kuncinya ada pada kolaborasi dan sinergi yang dibangun antara stakeholder perkoperasian.

Hal senada juga disampaikan Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim. Kayanya 

Sumbar siap gelorakan gerakan koperasi sesuai cita-cita Bung Hatta yang mengedepankan ekonomi kerakyatan. Momentum sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas), gerakan koperasi akan terus dimasifkan.

"Gerakan koperasi yang dicita-citakan Bung Hatta, terkandung dalam UUD 1945 soal perekonomian rakyat. Jadi mesti kita diimplementasikan ke depan. Dan Sumbar sebagai tuan rumah, adalah momentumnya. Kita sukseskan dan isi dengan kegiatan yang bernilai 'kerakyatan," kata Hendra Irwan Rahim yang maju sebagai calon Anggota DPD RI.

Hendra menjelaskan, dengan menyiapkan kegiatan dan agenda yang bernilai ekonomi kerakyatan, maka akan memberikan dampak multiplier efect kepada para pelaku UKM dan koperasi Sumbar. Hendra menginginkan Harkopnas ke-76 ini menjadi momentum kebangkitan koperasi dan UKM yang belakangan mulai bangkit pasca kasus covid-19 mulai berkurang.

"Kita sama-sama bertekad pula bagaimana Bung Hatta, proklamator asal Sumbar yang juga Bapak Koperasi Indonesia, tersenyum. Ini tentu ditandainya maju dan tumbuhkembangnya koperasi," sebut anggota DPRD Sumbar ini.

Dalam rapat itu, sejumlah pengurus Dekopinwil Sumbar antara lain Syafirman, Zirma Yusri, Asnel, Mirwan Pulungan, Syafrizal, Endarmy dan lainnya, termasuk kabupaten/kota dan tokoh koperasi lainnya. (ef)



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved